Jangan Gengsi untuk Curhat, Manfaatnya Luar Biasa Loh

Bandung - Mencurahkan perasaan (curhat) kepada seseorang berupa menceritakan unek-unek atau masalah yang sedang dialami, ternyata memiliki manfaat luar biasa secara medis dan psikis. Curhat bisa mencegah seseorang mengalami gangguan kejiwaan.

Gangguan kejiwaan sendiri tidak melulu diartikan gila. Gangguan kejiwaan bisa berupa rasa cemas berlebihan, merasa tertekan, mudah emosi, hingga tidak nyaman saat melakukan sesuatu.

Ketua (Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Kejiwaan) PDSKJ Bandung dan Sekitarnya Arlisa Wulandari mengatakan daya tampung pikiran seseorang untuk menyimpan masalah memiliki batasan. Jika terlalu penuh dan tidak bisa diatasi, maka kejiwaan seseorang bisa terganggu.

"Kapasitas orang untuk menyimpan itu kan ada batasnya. Makanya penting supaya penyimpanan ini enggak penuh dan meluap menjadi stres, gangguan kejiwaan, dan lain sebagainya," kata Arlisa kepada BeritaBaik.

Dengan curhat, beban masalah di dalam pikiran tidak akan bertumpuk. Sehingga, beban yang dirasakan seseorang akan berkurang.

Baca Ini Juga Yuk: Apa Perbedaan Psikolog dan Psikiater? Cari Tahu Yuk!

Itu karena curhat akan membuat seseorang merasa diperhatikan orang lain yang peduli. Bahkan, dari curhat itu seseorang bisa mendapatkan solusi.

"Dengan curhat itu, solusi bisa didapatkan, kita juga bisa mengosongkan simpanan masalah yang menjadi beban (di pikiran)," jelas Arlisa.

Menurutnya, daya tampung masalah dalam pikiran seseorang itu berbeda. Ada yang mampu menyimpan dalam jumlah banyak, ada juga yang sedikit.

Meski TemanBaik merasa bisa memendam banyak pikiran atau permasalahan, sebaiknya jangan ragu untuk curhat kepada teman dekat atau seseorang yang dipercaya. Tanggalkan gengsi untuk curhat agar terhindar dari gangguan kejiwaan akibat memendam beban pikiran dari suatu masalah.


foto: Photo by Bewakoof.com Official on Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler