Cara Bikin Dapur Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Bandung - Menghemat energi dan menjaga lingkungan dapat dilakukan dari hal-hal kecil di rumah loh. Kamu dapat memulainya dari ruangan dapur. Dengan menghemat penggunaan peralatan yang berenergi listrik di dapur kamu juga sekaligus menghemat pengeluaran dan menjaga lingkungan. Yuk, bikin dapur hemat energi dan ramah lingkungan dari sekarang.

Manfaatkan Sinar Matahari
Pemakaian listrik untuk penerangan menyumbang sekitar 11 persen tagihan listrik di rumah. Untuk menyiasatinya, aturlah agar dapur memiliki bukaan yang cukup sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam dapur. Perhatikan juga ventilasi dan jendela untuk sirkulasi udara alami. 

Dengan bukaan yang cukup, kamu bisa memanfaatkan pencahayaan alami pada siang hari. Ventilasi atau jendela juga dapat membantu membuat dapur lebih sehat karena memiliki sirkulasi udara yang lancar. Jika bukaan di dapur tercukupi, kamu juga bisa mengurangi penggunaan exhaust fan dan lampu di dapur.

Memilih Penggunaan Alat Listrik
Saat ini, banyak peralatan dapur yang menggunakan energi listrik, seperti blender, mixer, kulkas dan lainnya. Mungkin kamu tidak bisa menghentikan kebutuhan menggunakan peralatan listrik di dapur, namun kamu bisa memilih alat listrik dengan daya yang rendah. Kamu juga bisa mencoba menggunakan cara manual untuk mengurangi penggunaan elektronik, seperti menghaluskan bumbu dengan ulekan.

Selain itu, mengganti lampu di dapur dengan lampu jenis flurescent dapat membantu menghemat energi sampai 50 persen di malam hari.

Hemat Air
Tanpa disadari, banyak air yang terbuang sia-sia. Saatnya membatasi penggunaan air ketika mencuci tangan dan menggunakan kembali air. Kamu bisa menampung air yang telah digunakan untuk digunakan kembali, seperti air bekas mencuci buah untuk menyiram tanaman. Ubah juga kebiasaaan menyalakan keran terus menerus ketika mencuci tangan maupun peralatan makan. 

Periksa Keran dan Pipa Air
Pemeriksaan keran dan pipa air secara berkala membuat kamu dapat lebih cepat memperbaiki dan mengurangi risiko pengeluaran biaya berlebih. Lakukanlah pemeriksaan keran dan pipa air yang bocor, segera perbaiki atau ganti keran dan pipa air yang rusak. Dengan begini, kita telah berupaya mengurangi air terbuang percuma, juga mengurangi tagihan listrik dan air. 

Foto: Diy.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler