Rawat Buku Kesayangan dari Sekarang, Ini Caranya

Bandung - Koleksi buku di rumah tentunya bukanlah sekadar dekorasi ruangan semata. Lebih dari itu, buku adalah 'sumber informasi' yang bisa kamu sumbangkan atau wariskan pada anak cucu kelak. Untuk itu, diperlukan perawatan khusus agar buku yang TemanBaik miliki kondisinya terjaga.

Untuk menghindari kerusakan buku seperti warna lembaran kertasnya menguning, kusam atau jilidnya rusak TemanBaik bisa mulai merawatnya sejak pertama kali membeli. Berikut beberapa cara mudah untuk merawat buku yang bisa kamu coba praktikan di rumah.

Sampul Buku
Langkah pertama yang TemanBaik bisa lakukan untuk merawat buku adalah dengan menyampul buku dengan plastik bening. Pastikan juga plastik  yang digunakan telah sesuai dengan ukuran buku dan memiliki kualitas yang baik. Hindari menyampul buku terlalu ketat sehingga membuat kesulitan ketika membuka buku. Jangan lupa untuk mengecek koleksi buku lainnya apa ada yang sampulnya sudah usang, rusak dan perlu diganti.

Berita foto: Santai Baca Buku di Perpustakan Gasibu

Pembatas Buku
Melipat kertas buku sebagai pembatas merupakan hal yang dapat merusak buku. Sebaiknya, TemanBaik bisa gunakan pembatas buku yang berfungsi sebagai penanda halaman yang telah dibaca berbahan karton tipis. Hindari penggunaan pembatas buku dengan benda-benda tebal seperti pensil atau ponsel, sebab hal ini dapat berpotensi merusak jilid buku.

Jangan Mencoret Buku
Menulisi buku dengan spidol, pulpen atau apapun tentunya merupakan salah satu hal yang dapat merusak buku. Jika TemanBaik memang memerlukan catatan, gunakanlah sticky note yang dapat dilepas serta tidak akan merusak buku.

Rak Buku
Letakkanlah buku di rak yang memiliki sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang cukup sehingga ngengat tidak akan menyerang dan menyelinap masuk ke sela-sela buku. Susun buku secara horisontal dalam keadaan berdiri, kamu juga bisa menyusunnya berdasarkan kategori tertentu, seperti jenis buku, abjad atau bentuk dan ukuran buku.

Hindari menyimpan buku di tempat yang lembab, hal tersebut akan membuat warna kertas berubah dan yang parah akan membuat kondisi kertasnya bergelombang. Hindari menyimpan buku dalam kardus, karena memiliki kandungan asam yang juga akan berpotensi membuat kertas berubah warna.

Kapur Barus
Simpanlah kapur barus di beberapa sudut rak buku sebagai cara untuk menjauhkan buku dari datangnya serangga pengganggu. Untuk ruangan yang lembab, gunakan bulir penyerap air (silica gel) atau serap air (water absorber/dehumidifier) guna mengurangi kelembaban yang dapat merusak buku dan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Kebersihan
Bersihkan buku secara rutin dan berkala agar buku tidak tertimbun debu. Satu hal yang kerap terabaikan, pastikan tanganmu bersih kertika membaca buku. Jika tanganmu terdapat sisa makanan seperti bumbu, minyak atau tetesan air, maka hal ini akan berpotensi meninggalkan noda pada buku.

Jangan lupa untuk mengerluarkan buku-buku dari rak, setidaknya dua atau tiga minggu sekali dan membersihkannya dari kotoran dan debu yang menempel agar tidak menular pada buku lainnya. Yuk rawat buku-buku kesayangan dari sekarang!

Foto: Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler