Kesalahan Saat Memasak yang Tanpa Sadar Sering Dilakukan

Salah mengolah masakan dapat berakhir menjadi hidangan yang kurang sehat, loh TemanBaik. Karena itu, memasak dan mengolah bahan makanan diperlukan perhatian agar hidangan yang dimasak tidak hanya lezat namun juga sehat.

Biar kamu tidak salah lagi dalam memasak, yuk perhatikan apa saja kesalahan saat memasak, yang tanpa disadari sering dilakukan dan membuat masakan jadi tidak sehat.

Jangan Simpan Ayam di Suhu Ruang
Setelah membeli ayam dan tidak berencana langsung memasaknya, simpanlah ayam di lemari es. Hindari menaruh ayam di atas meja terlalu lama, sebab daging dapat mengembangkan bakteri berbahaya dalam suhu ruangan. Jika dikonsumsi, bakteri dari daging tersebut dapat mengakibatkan berbagai penyakit bahkan hingga keracunan.

Kurang Air dalam Merebus Pasta
Pasta akan menempel satu sama lain jika kamu merebusnya dengan air yang kurang. Meski pun kamu menyiasatinya dengan tambahan minyak zaitun, merebus pasta dengan air yang kurang tetap akan membuatnya menempel. Maka, rebuslah pasta dalam air yang cukup dengan panci yang tidak terlalu kecil.

Baca Ini Juga Yuk: Hobi Memasak? Cobain Usaha Kecil-kecilan Bikin Katering Rumahan

Hindari Bumbu Berlebihan
Penggunaan bumbu dasar yang berlebihan, seperti garam, kecap asin atau mayones dapat membuat makanan menjadi tidak sehat. Terutama pada garam, yang jika digunakan terlalu banyak dapat membawa sejumlah natrium yang dapat menyebabkan retensi air.

Memasak Sayuran Terlalu Lama
Memasak sayuran yang telalu matang hingga membuatnya lembek dapat menghilangkan kandungan nutrisinya. Hindari merebus sayur dalam waktu yang lama karena proses ini dapat melenyapkan nutrisi yang ada. Salah satu cara terbaik untuk menjaga nutrisi adalah dengan menumisnya atau merebusnya memakai air panas. Pastikan sayuran yang dimasak masih memiliki tekstur yang renyah dan ringan, tidak lembek ataupun cenderung basah.

Salah Potong Daging
Memotong daging yang salah bisa menyebabkan daging jadi keras. Untuk menyiasatinya kamu harus memotong daging berlawanan dengan seratnya agar daging menjadi empuk saat sudah dimasak. Sebab memotong daging searah dengan seratnya akan membuat tekstur daging jadi alot.

Tidak Memasak Bawang Putih Terlalu Lama
Jika kamu ingin memasak dengan suhu tinggi, maka sebaiknya kamu memasukkan bawang putih pada pertengahan memasak. Memasak bawang putih di awal dengan suhu yang tinggi akan membuatnya gosong serta membuat cita rasanya jadi kurang sedap.

Jangan Cairkan Daging Beku
Daging beku yang berasal dari freezer memang tidak bisa langsung dimasak. Agar bisa cepat diolah, banyak orang biasanya meletakkan daging pada wadah berisi air panas atau merendamnya dengan air dalam wastafel. Ide ini sebaiknya tidak lagi dilakukan, sebab bekateri justri akan tumbuh subur dalam temperatur ruang. Untuk menyiasatinya, coba keluarkan daging pada malam hari jika paginya harinya akan diolah, letakkan pada piring dan biarkan.


Foto: Pixabay


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler