Seperti Ini Perkembangan Minyak Asiri di Indonesia

Bandung - Bagi TemanBaik pengguna minyak esensial, pastinya sudah tahu kalau minyak yang satu ini memiliki banyak manfaat. Selain untuk kesehatan, minyak essensial atau asiri juga dapat dimanfaatkan sebagai penyegar udara hingga kecantikan. Tapi, TemanBaik tahu enggak bagaimana sejarah minyak asiri di Indonesia?

Indonesia merupakan negara penghasil minyak asiri nomor dua terbesar loh, dengan sekitar 40 jenis minyak asiri. Diperkirakan, terdapat 12 jenis minyak asiri asal Indonesia yang diekspor ke pasar internasional dari 80 minyak asiri di dunia. Minyak asiri adalah salah satu komoditas ekspor tradisional Indonesia yang sudah ada bahkan sebelum Perang Dunia II.

Minyak esensial atau asiri sendiri didefinisikan sebagai minyak terbang (volatile) dalam tumbuhan yang dapat ditemukan di akar, kulit batang, daun, bunga dan biji. Minyak asiri dihasilkan oleh 160-200 jenis tanaman aromatik yang sebagiannya terdapat di Indonesia.

Minyak esensial, asiri atau eteris ini umumnya digunakan sebagai bahan baku untuk industri parfum, bahan pewangi (fragrances), aroma (flavor), farmasi, kosmetika hingga aromaterapi. Beberapa jenis minyak asiri juga dapat digunakan sebagai zat pengikat bau (fixative) dalam parfum, misalnya minyak nilam, minyak akar wangi dan minyak cendana.

Minyak ini juga bisa digunakan sebagai bahan penyedap (flavoring agent) dalam bahan pangan dan minuman. Untuk bahan makanan, umumnya berasal dari rempah-rempah, seperti minyak lada, kayu manis, pala, cengkeh, ketumbar dan jahe.

Saat ini, beragam produk minyak asiri pun banyak beredar dan dapat ditemukan dengan mudah, baik di toko maupun secara online. Tidak hanya sebagai penyegar udara dan produk kecantikan dan perawatan tubuh saja, produk minyak asiri juga tersedia untuk perawatan rambut dan minyak untuk pijat dan terapi.

Krim untuk kulit pun sudah banyak yang memakai bahan minyak asiri sebagai komponen utamanya. Sifat minyak asiri yang menenangkan memberikan rasa nyaman dan rileks pada tubuh setelah digunakan.

Minyak asiri juga banyak dijual dalam kemasan botol kecil yang dapat membantu meringankan berbagai penyakit. Kamu bisa menggunakannya sebagai pertolongan pertama pada flu, batuk, sakit kepala atau nyeri perut. Bagi kamu yang belum tahu, bisa coba mulai berkenalan dengan minyak kaya manfaat ini TemanBaik!

Foto: Pixabay




Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler