Cara Bedakan Es Batu yang Terbuat dari Air Matang dan Mentah

Bandung - Mengonsumsi minuman yang terdapat es batu di dalamnya memang menyegarkan. Apalagi saat cuaca sedang panas. Tapi, TemanBaik harus waspada. Sebab, tidak semua es batu berasal dari air matang.

Beberapa pedagang yang nakal bisa saja menggunakan es batu dari air mentah untuk menekan biaya produksi dan menghemat waktu. Sebab, jika air lebih dulu dimasak sebelum dijadikan es, pedagang akan mengeluarkan biaya tambahan dan butuh waktu untuk memasaknya.

Es yang berasal dari air mentah jelas berbahaya. Sebab, bisa saja terdapat bakteri atau kuman di dalamnya yang berdampak buruk bagi kesehatan. Sementara jika air lebih dulu dimasak sebelum dijadikan es, bakteri atau kuman bisa mati dan es aman untuk dikonsumsi.

Baca Ini Juga Yuk: Tahu Bedanya Rambu Dilarang Berhenti dan Dilarang Parkir?

Ada cara sederhana bagi TemanBaik untuk membedakan es batu yang berada dalam minuman berasal dari matang atau mentah. Caranya, lihat secara seksama warna es batu. Jika berwarna bening seperti kaca, es itu berarti berasal dari air matang dan relatif aman dikonsumsi.

Jika dalam es batu terdapat warna putih, terkadang warnanya seputih susu, itu artinya es berasal dari air mentah. Warna putih itu merupakan gas dalam air yang ikut membeku. Gas itu terperangkap akibat air tidak dipanaskan lebih dulu.

Sementara pada es dari air matang, gas di dalamnya sudah terlepas dan menguap saat dimasak. Sehingga, tidak akan terlihat adanya warna putih pada es dari air matang.

Sudah tahu kan sekarang bedanya es batu dari air matang dan air mentah? Jadi, TemanBaik sekarang bisa lebih berhati-hati jika membeli minuman yang terdapat es batu di dalamnya.


Foto ilustrasi: Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler