5 Benda Penting yang Menunjang Hobi Fotografi

Bandung - Ada berbagai teori atau hal teknis yang berkaitan dengan fotografi atau kegiatan memotret. Mulai dari menentukan ISO, speed atau kecepatan, rana atau bukaan lensa, hingga penggunaan flash atau lampu.

Tapi, di luar itu sebenarnya ada beberapa hal yang tidak ada dalam teori. Meski begitu, hal-hal tersebut sangat bermanfaat dalam aktivitas memotret. Apa saja?

1. Payung
Saat musim hujan, kegiatan memotret bisa terganggu. Apalagi jika kamera sampai terkena air hujan yang bisa berujung kerusakan. Saat akan bepergian untuk memotret, sebaiknya payung selalu dibawa. Saat ini pun sudah banyak payung yang bisa dilipat sehingga mudah dimasukkan ke dalam tas.

Penggunaan payung akan membuat aktivitas memotret lebih aman saat hujan. Bahkan, jika jeli, saat hujan TemanBaik bisa mendapatkan objek foto yang jauh lebih cantik.

2. Waterproof Case
Keberadaan waterproof case atau pelindung kamera anti air akan sangat bermanfaat jika TemanBaik tidak mau menggunakan payung saat memotret di kala hujan. Waterproof case kini sudah banyak dijual di pasaran dengan harga murah hingga mahal.

Benda ini akan membuat kamera TemanBaik terlindungi dari air. Bahkan, aktivitas memotret bisa terus berjalan meski dibawah guyuran hujan deras. Jika ingin lebih nyaman, gunakan juga jas hujan agar badan kamu tidak basah kuyup oleh hujan.

3. Baterai dan Memori Cadangan
Dua benda ini menjadi hal yang tak kalah penting. Terbayang enggak sudah jauh-jauh pergi untuk memotret, tapi justru tiba-tiba baterai habis atau kartu memori justru rusak atau kapasitasnya sudah penuh?

Aktivitas memotret pun bisa gagal terwujud. Karena itu, sebaiknya TemanBaik selalu membawa baterai dan kartu memori cadangan.

4. Tangga Lipat
Benda ini sebenarnya tergantung TemanBaik akan membawanya atau tidak. Tapi, tangga lipat akan bermanfaat jika TemanBaik ingin memotret dengan high angle atau pengambilan objek foto dari bagian atas atau ketinggian.

Tangga juga akan sangat terasa manfaatnya jika ingin memotret objek yang terhalang oleh benda atau kerumunan orang. TemanBaik bisa naik ke atas tangga untuk mendapatkan posisi terbaik.

5. Tongsis/Monopod/Tripod
Pengunaan tongsis (tongkat narsis), monopod, maupun tripod juga akan sangat bermanfaat. Penggunaan tongsis dan monopod sangat berguna untuk yang memakai kamera berukuran relatif kecil seperti action camera.

TemanBaik akan lebih nyaman memotret atau mengambil video dengan benda itu. Apalagi jika yang digunakan action camera yang sudah terkoneksi ke telepon genggam. Kamu tinggal menganggat kamera dengan tongsis atau monopod, kemudian memotret dengan menekan layar telepon genggam.

Sedangkan bagi pengguna DSLR atau kamera yang ukurannya relatif lebih besar, penggunaan tripod juga sangat bermanfaat. Dengan menggunakan tripod, kamu tidak perlu menahan bobot kamera di tangan yang cukup berat saat memotret.


foto ilustrasi Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler