Begini Nih Cara Berkendara Aman di Jalan Tol

Bandung - Jalan tol yang bebas hambatan terkadang menuntut para pengemudi untuk fokus dan berkendara dalam kecepatan yang lebih tinggi daripada jalan raya biasa. Selain itu, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan jika berkendara di jalan tol, terutama bagi kamu yang masih pemula. Supaya berkendara di jalan tol jadi aman dan menyenangkan, perhatikan hal-hal berikut ya.

Siapkan Uang Tol
Saat ini, beberapa gerbang tol sudah tersedia fasilitas penggunakan kartu e-toll atau e-money. Sebelum kamu memulai perjalanan, ada baiknya kartu maupun uang disiapkan sehingga kamu tetap fokus menyetir dan tidak perlu berlama-lama di gerbang tol untuk mencari uang atau kartu. Pastikan saldo e-toll cukup hingga gerbang tujuan.

Rute Perjalanan
Sebelum melakukan perjalanan, TemanBaik harus memastikan rute apakah perlu melewati jalan tol atau jalan arteri. Jangan lupa siapkan juga rute alternatif untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas. Sebaiknya, kamu sudah mengetahui rute sebab tidak ada jalur putar balik di tol. Bila perlu, kamu juga bisa menanyakan arah dan tujuan kamu ke petugas jalan tol yang sedang bertugas.

Baca Ini Juga Yuk: Orangtua Jangan Berikan Kendaraan untuk Anak di Bawah Umur

Kondisi Tubuh dan Kendaraan
Selain menyiapkan kendaraan, pastikan juga tubuh dalam keadaan yang sehat, tidak sedang sakit atau kurang tidur. Ada baiknya, TemanBaik melakukan pemeriksaan pada kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Patuhi Rambu
Jalan tol memiliki rambu yang harus dipatuhi, seperti kecepatan mininum dan kecepatan maksimum. Perhatikan apa saja larangan yang harus dipatuhi, yaitu larangan mendahului di lajur kiri, larangan berhenti di jalan tol juga larangan melaju di bahu jalan tol.

Jaga Jarak
Jagalah jarak antara pengendara di jalan tol, jarak ideal antara kendaraan adalah sekitar 10-20 meter. Bagi TemanBaik yang masih pemula, kamu bisa gunakan trik 'jarak tiga detik', yaitu menggunakan selisih waktu antara mobil yang kamu kendarai dengan mobil yang ada di depan sekitar tiga detik.

Kamu juga bisa menggunakan objek lain yang berada di pinggir jalan untuk dijadikan sebagai patokan, seperti pohon. Tunggulah sampai satu mobil melewati pohon selama tiga detik lalu kemudian giliran kamu.

Pilih Jalur Tengah
Jalur tengah merupakan jalur terbaik bagi pemula dan mengemudi dengan kecepatan yang tidak terlalu tinggi. Posisi ini tidak akan menggangu mobil yang cepat dan bisa memungkinkan ketika ingin bermanuver.

Hindari Penggunaan Gawai
Usahakan untuk tidak menjawab panggilan tekepon atau mengetik pesan singkat dan melakukan kesibukan lainnya dengan perangkat komunikasi atau gawai. Jika kamu berkendara dengan penumpang, kamu bisa meminta bantuan untuk menjawab telepon atau mungkin sekadar memutarkan lagu di pemutar musik. Terakhir, usahakan tetap fokus, tidak melamun dan tidak sedang mengantuk ya!

Foto: Pexels.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler