Kenali dan Waspadai 10 Gejala Gagal Ginjal pada Anak, Yuk!

Bandung - Penyakit ginjal kronis pada anak akan membuat kualitas hidupnya lebih rendah dibanding anak yang sehat. Karena itu, perlu dilakukan pencegahan dan pemeriksaan ke dokter ahli sebelum anak penyakit ginjal pada anak terlanjur parah.

Pencegahan dapat dilakukan lebih dini jika orangtua peka dan mau memperhatikan kondisi anak. Berdasarkan informasi dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, ada 10 tanda atau gelaja gagal ginjal pada anak. Yuk, kita cari tahu?

1. Endema (bengkak) pada kaki kiri dan kanan
Gejala dari bengkak ini sangat bervariasi. Tapi bengkak bisa terlihat pada kaki akibat penumpukan cairan urine karena tidak dikeluarkan dengan baik. Itu jadi tanda ginjal tidak berfungsi dengan baik.

2. Hematuria atau terdapat darah dalam urine
Biasanya, darah dalam urine tidak terlihat oleh mata karena harus diperiksa di laboratorium. Tapi, hal itu bisa dilihat sepintas dari perubahan warna urine yang berbeda dari biasanya.

3. Leukosituria atau terdapat sel darah putih pada urine
Adanya sel darah putih pada urine menunjukkan adanya infeksi. Ini bisa diketahui dari hasil pemeriksaan di laboratorium.

4. Proteinuria atau ada kandungan protein dalam urine
Urine yang mengandung protein juga menjadi gejala gagal ginjal. Sama seperti adanya kandungan sel darah merah atau putih dalam urine, kandungan protein dalam urine juga bisa diketahui melalui pengecekan di laboratorium.

5. Oliguria atau penurunan produksi urine
Hal ini sering tidak disadari. Padahal, produksi urine bisa diperkirakan dari berkurangnya intensitas buang air atau dari menurunnya jumlah urine itu sendiri dari biasanya. Gejala ini biasanya diikuti dengan mulai bengkaknya kaki.

6. Hipertensi
Hipertensi sering kali diidentikan dengan penyakit orang dewasa. Padahal penyakit ini bisa dialami oleh anak. Hipertensi bisa berakibat rusaknya hinjal, termasuk masalah otak dan stroker. Ada anggapan keliru bahwa konsumsi obat hipertensi akan merusak ginjal. Justru sebaliknya, hipertensi itu sendiri yang akan merusak ginjal.

7. Gangguan pertumbuhan
Gangguan pertumbuhan ini bisa dilihat secara kasat mata. Salah satunya dengan membandingkan pertumbuhan anak dengan anak lain yang seusianya. Gangguan pertumbuhan bisa jadi salah satu tanda anak mengalami gagal ginjal

8. Anemia
Tugas utama ginjal adalah membentuk sel darah merah. Sehingga, pada anak yang mengalami gagal ginjal akan mengalami anemia karena fungsi ginjalnya terganggu.

9. Kelainan tulang
Tanda dari kelainan tulang ini bisa dilihat. Salah satunya tulang mudah bengkok atau patah.

10. Sesak dan demam berulang
Gejala sesak biasanya terjadi karena penumpukan cairan di paru-paru. Sedangkan demam berulang umumnya terjadi karena infeksi pada saluran kemih.

Setelah tahu 10 tanda atau gejala gagal ginjal pada anak, sebaiknya orangtua mulai waspada. Saat menemukan gejala itu, sebaiknya segera periksakan anak ke dokter. Tujuannya agar dokter bisa segera mengambil langkah tepat untuk mengobati anak anda. Yuk, sayangi dan periksakan anak anda jika menemukan gejala itu!


Foto ilustrasi: doctor.ndtv.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler