5 Rahasia Menghemat Bahan Bakar Kendaraan yang Bisa Kamu Coba

Bandung - Pemakaian bahan bakar merupakan salah satu hal yang memerlukan perhatian. Berkendara secara asal-asalan ternyata bikin bahan bakar cepat habis loh. Nah, TemanBaik bisa menerapkan lima rahasia ini supaya bahan bakar kendaraanmu lebih hemat, yuk coba!

Periksa Kendaraan 
Melakukan pemeriksaan kendaraan secara rutin dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Kamu bisa melakukannya setiap tiga bulan sekali atau setiap penggunaan mencapai 5.000 kilometer. Dengan melakukan perawatan secara berkala, maka saluran bahan bakar dan komponen kendaraan lainnya akan diperiksa dan terjaga dalam kondisi baik. Tentunya, hal ini akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien.

Jangan Injak Pedal Gas Terlalu Dalam
Jika kamu mengendarai mobil dengan transmisi manual, jangan menghindari pergantian gigi dengan tidak menurunkan gas ketika mengerem. Hindari juga menginjak gas terlalu dalam karena hal ini dapat membuat mesin mengonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Atur Kecepatan
Langkah tepat untuk menghemat bahan kendaraan lainnya adalah dengan mengatur kendaraan agar berada pada kecepatan yang konstan. Selain itu, jangan abaikan rambu yang menganjurkan batas kecepatan maksimum sebab melebihi batas maksimum juga dapat membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

Hindari Cuaca Buruk dan Berkendara pada Jam Tertentu
Hindari berkendara pada saat waktu sibuk ya, seperti ketika macet, karena mobil harus berhenti dan sering bergerak dalam jarak pendek yang dapat membuat mesin mengonsumsi bahan bakar lebih banyak. Cuaca buruk seperti hujan juga dapat memengaruhi efisiensi bahan bakar. Hambatan angin dapat memperlambat kendaraan sehingga kamu akan lebih banyak memainkan pedal gas. 

Penggunaan AC
Air Conditioner atau AC merupakan komponen dalam mobil yang sering tidak diperhatikan. Ketika AC dinyalakan maka tenaga mesin akan diambil oleh sistem AC hingga 5 PK untuk menggerakan kompresor dan sistem terkait. Agar lebih efektif, jangan nyalakan AC sebelum udara panas dalam mobil keluar. Optimalkan kinerja AC dengan mematikan switch AC saat membutuhkan engine power, misalnya ketika kamu melewati jalan menanjak atau memanfaatkan economy mode yang akan membuat beban dari kompresor berkurang.

Selamat mencoba, TemanBaik!

Foto: Pexels


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler