Mengupas Fakta dan Manfaat Pohon Bagi Kehidupan

Bandung - Hari Pohon Internasional diperingati setiap tanggal 21 November setiap tahunnya. Hari Pohon diperingati bertujuan untuk mengingat dan menghormati jasa dari J Sterling Morton, yang merupakan seorang pecinta alam. Pria asal Amerika Serikat ini begitu gigih dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

Kamu tahu enggak TemanBaik kalau satu pohon memiliki banyak manfaat, loh! Tidak hanya dapat menghidupi makhluk hidup yang berada di sekitarnya namun juga dapat menjaga keberlangsungan makhluk hidup lainnya yang ada di bumi. Mau tahu apa saja peran dan manfaat pohon bagi kehidupan? Simak penjelasan berikut ya!

Penghasil Oksigen dan Penyerap Karbon
Pohon dapat membersihkan udara dari partikel yang mencemari udara. Pohon di perkotaan juga mampu menyelamatkan rata-rata satu kehidupan per tahun di tiap kota karena mereka membersihkan udara dari partikel kotor.

Pohon juga kerap disebut sebagai 'paru-paru bumi' karena oksigen yang dihasilkan pohon bermanfaat bagi makhluk hidup lain. Sebuah pohoh mampu menyerap sebanyak 48 ton karbon dioksida per tahun. Ketika berusia 40 tahun, sebatang pohon juga dapat menyerap satu ton karbon dioksida.

Rumah Bagi Flora dan Fauna
Selain bermanfaat untuk manusia, pohon juga bermanfaat bagi satwa liar maupun tanaman lain sebagai tempat tinggal, bersarang, mencari makan dan bereproduksi. Dengan melindungi pohon, berarti kita juga melakukan konservasi sumber daya alam.

Sediakan Air Bersih dan Kendalikan Suhu
Pohon juga memiliki peran dalam menyediakan air bersih. Hutan menyediakan sistem filtrasi dan penyimpanan alami yang memproses hampir seluruh pasokan air bersih. Pohon-pohon di perkotaan juga dapat berperan untuk menurunkan tingkat suhu kota. Suhu udara rata-rata di kota dengan 1 juta penduduk atau lebih bisa lebih tinggi sebesar 1-3 derajat celcius dibandingkan daerah sekitarnya.

Kendalikan Banjir
Pohon yang terdapat di hutan-hutan di daerah tinggi menyimpan sejumlah air yang seharusnya mengalir menuruni bukit dan mengalir di sepanjang sungai kota. Tanpa kehadiran pohon-pohon tersebut, air akan mengalir tanpa hambatan dan dapat menyebabkan banjir hingga tanah longsor. Pohon di pinggir pantai seperti cemara atau bakau juga berperan mencegah abrasi.

Yuk lindungi dan menanam pohon, selamat Hari Pohon Sedunia!

Foto: Pexels


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler