Bagaimana Cara Menghitung Usia Pohon Tanpa Menebangnya?

Bandung - Cara mengetahui usia makhluk hidup, seperti manusia dan hewan memang dapat dilihat dari waktu kelahirannya. Namun, bagaimana cara mengetahui usia pohon? Sebab tidak semua pohon diketahui waktu menanamnya.

Jika TemanBaik tidak tahu kapan suatu pohon ditanam, sebenarnya ada cara untuk mengetahui usia pohon tersebut. Kamu bisa menebangnya atau menggunakan bor untuk mengetahui lingkar pohon tersebut. Dengan mengalikan diameter pohon dan faktor pertumbuhannya untuk memperkirakan berapa usia pohon. 

Tapi bagaimana cara menghitung usia pohon tanpa menebangnya? Untuk menghitung usia pohon tanpa menebangnya kamu bisa menghitung lingkar ulir yang terdapat di batang pohon. Cara menghitungnya bisa dimulai dari jumlah lingkar ulir di atas tinggi dada, kemudian tambahkan satu lingkar ulir yang terdapat di ujung bagian atas pohon. 

Menghitung lingkar ulir pohon dapat memperkirakan berapa usia pohon, meskipun cara ini memang tidak seakurat jika kamu menebang dan menghitung lingkar cincin pohon. Namun cara ini dapat digunakan untuk memperkirakan usia sebatang pohon tanpa perlu menebangnya.

Kamu juga dapat mengetahui usia pohon dari faktor pertumbuhan pohon setiap tahunnya. Pertama ketahui rata-rata lebar tahunan untuk spesies pohon tersebut, lalu mengalikannya dengan batang untuk memperkirakan usia pohon. Setiap pohon memiliki pertumbuhan yang berbeda-beda tergantung pada lingkungan di sekitarnya.

Setelah mengetahui faktor pertumbuhannya, ukur lingkar batang dalam sentimenter, gunakan lebar batang 1.4 meter dari permukaan tanah. Hitunglah diameter (lingkar dibagi dengan pi) lalu kalikan diameter dengan rata-rata faktor pertumbuhan spesies pohon. Dengan begini, kamu bisa memperkirakan usia pohon dalam satuan tahun.

Foto: Pexels
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler