Ini 8 Keahlian yang Bakal Banyak Dicari di 2019

Bandung - Seiring perkembangan zaman, keterampilan atau keahlian unik dan baru bermunculan untuk memenuhi kebutuhan industri kerja. Nah, buat kamu yang tertarik untuk mengembangkan diri, delapan keahlian berikut bisa kamu pelajari dari sekarang. Keahlian-keahlian ini diprediksi bakal banyak dicari di tahun 2019 mendatang loh. Apa saja?

1. Google Analytics
Google Analytics adalah layanan dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs website. Dibutuhkan keahlian khusus untuk menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman, iklan, jaringan 'pay-per-click-', email marketing dan lainnya. Seseorang yang jago dan memahami Google Analytics, bakal banyak dicari nih tahun depan!

2. Public Speaking
Public speaking adalah kemampuan berkomunikasi secara lisan, berupa pidato, ceramah, presentasi dan jenis berbicara di depan umum lainnya. Sebenarnya, public speaking adalah keahlian yang perlu untuk dikuasai oleh setiap orang. Apapun posisi dan kedudukan kamu dalam sebuah organisasi atau perusahaan, kamu memerlukan kemampuan yang satu ini. Maka tidak ada salahnya kamu mempelajari dasar-dasar public speaking skill dari sekarang ya TemanBaik!

Baca Ini Juga Yuk: Perhatikan Hal-hal ini Saat Wawancara Kerja

3. Project Manager
Project manager adalah orang yang bertanggungjawab menggerakkan organisasi proyek dan memimpinnya untuk mencapai tujuan (objective project). Project Manager bertanggung jawab untuk keseluruhan arah koordinasi, implementasi, pelaksanaan, pengendalian hingga penyelesaian proyek-proyek tertentu. Ia juga harus memastikan konsistensinya dengan strategi, komitmen dan tujuan perusahaan.

4. Excel Knowledge
Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang merupakan bagian dari paket software microsoft office. Perangkat lunak berjenis spreadsheet untuk mengolah angka atau data ini bisa dibilang perangkat pengolah data terbaik di dunia. Hampir semua jenis pekerjaan memerlukan Ms. Excel sebagai alat pendukung bekerja. Yuk latih lagi kemampuan Ms. Excel kamu TemanBaik!

5. Web Development
Web development atau pengembangan aplikasi adalah hal-hal yang terjadi di balik layar website. Seorang web developer memiliki kemampuan web development yaitu menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman.

6. Writing
Menulis juga merupakan salah satu keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja dan bakal dicari di tahun 2019. Meskipun kamu bukan seorang pekerja di media atau penerbitan, keterampilan menulis tetap diperlukan. Kamu juga perlu keahlian menulis meskipun kamu bukan lulusan ilmu komunikasi atau sasta Indonesia, loh! Yuk mulai biasakan diri untuk menulis!

7. Coding
Coding adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemrograman baik huruf, angka dan simbol untuk membentuk program. Memiliki kemampuan coding merupakan investasi di masa depan, loh! Sebab memahami coding adalah keahlian yang memenuhi kebutuhan industri saat ini dan di masa depan.

8. Digital Marketing
Digital marketing alias pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah produk dengan menggunakan media digital. Media digital dipilih karena dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, personal dan relevan. Digital marketing menjadi keahlian yang paling dicari tak hanya di tahun 2019 namun sejak beberapa tahun yang lalu loh!

Foto: Pexels


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler