Saat Menstruasi, Ternyata Cewek Butuh  Banyak Istirahat Loh

Bandung - Cewek modern selalu tampil aktif dan punya banyak aktivitas. Tapi kalau lagi menstruasi, ternyata kita wajib loh melakukan relaksasi tubuh. Baiknya rehat sejenak dan bikin suasana hati lebih tenang dan menyenangkan. Mudah kan?

Nah persoalan ini pun dikupas tuntas pada Wise Woman and Hormones Mini Workshop yang digelar Sabtu (8/12/2018) di Kiputih Satu Bake & Dine Bandung. Dalam forum itu, praktisi yoga Ani Purwandini bagi - bagi ilmu loh soal siklus menstruasi melalui kebijakan kuno Ayurweda.

"Dalam ilmu Ayurweda ada empat siklus yang dihadapi cewek dalam sebulan. New moon atau summer kondisi lagi menstruasi dimana  kita butuh beristirahat, memulihkan dan menjaga kehangatan tubuh. Sesibuk apa pun cewek harus merenung dan melepas ide - ide lamanya untuk menghilangkan rasa takut dan cemas," ujar Ani di sela workshop.

Ahli postural ini juga merinci, pentingnya beristirahat saat haid juga punya peran loh buat cewek lebih bijak. Apalagi buat kaum hawa yang aktif dan berkarir, ia menyarankan untuk membuat prioritas agar tubuh tak kelelahan akibat kerja berlebihan.

"Nah kalau sudah bagus saat new moon kita akab lebih siap menghadapi waxing moon,  dan mencapai puncaknya pada sikus new moon atau masa paling ekspresif dan berpikiran jernih. Pada dua minggu pasca haid ini menjadi waktu yang tepat untuk berkreativitas atau bertemu orang," beber Ani.

Jangan lupakan juga loh masa PMS yang kata orang menjadi masa yang paling menyebalkan. Dalam kondisi waning moon alias autumn, baiknya TemanBaik melakukan banyak persiapan seperti mengumpulkan berbagai obat untuk mengurangi rasa sakit haid dan sedikit mengurangi intensitas kegiatan yang enggak terlalu penting.

"Semua hal yang berhubungan hormonal pasti erat kaitannya dengan kondisi stres dan ego. Kuncinya supaya menstruasi teratur dan tidak menyakitkan, ya kita harus pahami kebutuhan tubuh, salah satunya cukup istirahat dna banyak melajukan meditasi" tutupnya.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler