Hempaskan Stres dan Mood Swing dengan Memperbaiki Pola Makan

Bandung - Ada istilah, 'kamu adalah apa yang kamu makan'. Jadi kalau TemanBaik pengin terlepas dari kondisi mood yang cepat berubah, stres dan depresi, sudah saatnya untuk memperbaiki pola makan, waktu istirahat dan aktivitas fisik. Setuju enggak sih?

Menurut praktisi Yoga Ani Purwandini, kondisi stres di tubuh salah satunya dipicu kebiasaan bersantap yang tidak sehat. Terlebih di zaman modern kayak sekarang, banyak makanan yang sifatnya tidak alami, misalnya penggunaan gula dalam jumlah banyak, MSG seperti penyedap rasa, penguat rasa, pengawet hingga pewarna buatan.

"Gula dan penyedap diklaim sebagai pencetus berbagai penyakit, termasuk memicu stres dan depresi. Sebagai ganti gula dan penyedap, banyak sayuran pengganti yang bikin makanan lebih gurih, misalnya dengan mengkonsumsi sayuran akar - akaran seperti wortel dan kentang," ujar Ani kepada BeritaBaik.

Lanjut dia, banyak sayuran dan buah yang punya manfaat menyeimbangkan hormon perempuan. Bahan makanan itu adalah berries, kacang - kacangaan dan ragam ikan yang mengandung omega 3 dan omega 6. 

Ikan salmon, kerapu, teri, lobster, kerang, udang, minyak ikan, minyak kedelai, pumpkin seed, chia seed, kacang koro, walnut, kacang almond dan masih banyak lagi.

"Untuk memperbaiki mood atau menghilangkan stres, coba makanan yang minus gula dan penyedap buatan. Misalnya bikin sup hangat dengan material yang punya manfaat menenangkan dan meminimalisir gula," bebernya.

Selain makanan, trik jitu penghalau mood swing juga bisa dilakukan dengan olahraga atau aktivitas fisik. Mulainya dari yang paling sederhana yuk, misalnya jalan santai, stretching ringan untuk memperbaiki postur tubuh atau bisa juga berinteraksi langsung dengan alam seperti di gunung, main air di sungai atau yang paling simpel menginjakkan kaki di rerumputan hijau.


Foto ilustrasi Unsplash.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler