Penting Nih! Delapan Hak Asasi Manusia yang Harus Kamu Tahu

Bandung - Hari Hak Asasi Manusia (HAM) diperingati setiap tanggal 10 Desember, dinyatakan oleh Internaional Humanist and Ethical Union (IHEU) sebagai hari resmi perayaan hak kemanusiaan. HAM adalah hak dasar atau pokok manusia yang tidak dapat diambil, dibeli, diminta atau diwarisi.

Meskipun ada sejumlah undang-undang nasional dan internasional yang berlaku untuk melindungi HAM, namun setiap orang memiliki kewajiban untuk turut mendukung dan melindungi hak-hak manusia. Biar kamu lebih memahami dan menghargai tentang HAM, perhatikan delapan hak manusia berikut ini ya.

Memilih dan Menjalankan Kepercayaan
Memilih dan menjalankan kepercayaan adalah hak setiap manusia. HAM memberikan kebebasan kepada manusia untuk memilih dan menjalankan kepercayaan masing-masing tanpa paksaan.

Beropini
Setiap orang memiliki hak untuk mengemukakan pendapat atau opininya. Kita tidak dapat melarang seseorang untuk tidak berpendapat atau memberikan haknya untuk bersuara dengan paksaan atau ancaman.

Hak Memiliki Benda
Setiap orang memiliki kebebasan untuk memiliki suatu benda sesuai dengan kemampuannya. Kita tidak dapat melarang atau memaksakan seseorang untuk memiliki suatu benda tertentul.

Hak Memilih dan Berpartisipasi Politik
Hak memilih harus dimiliki setiap orang sesuai dengan standar usianya, seperti hak dalam memilih pemimpin yang diinginkan. Kita tidak berhak melarang seseorang dalam memilih pemimpin. Setiap orang juga berhak untuk terjun dalam dunia politik, seperti mencalonkan diri dalam pemilihan sesuai dengan standar usia dan kriteria lainnya.

Proses Hukum yang Adil
Setiap orang punya hak untuk diperlakukan secara adil dalam hukum. Memberikan keseimbangan untuk menyampaikan opini atau pembelaan, serta melakukan pelaporan. Kemudian, proses dilakukan dengan adil secara hukum.

Pendidikan dan Fasilitas yang Layak
Setiap orang berhak untuk mendapatkan pendidikan atau edukasi yang layak bagi pengetahuan mereka. Setiap orang juga memiliki hak untuk bersekolah di tempat-tempat yang bisa menyajikan edukasi yang baik dan berhak mendapatkan fasilitas umum yang layak. Seperti fasilitas di dalam ruang belajar, kerja, angkutan umum serta fasilitas yang diberikan ketika menyewa atau membeli tempat tinggal.

Mengembangkan Hobi
Setiap manusia memiliki hobi yang berbeda, dan menekuni hobi juga merupakan salah satu hak setiap orang. Mengembangkan bakat atau kemampuan pun tidak dapat dilarang atau dipaksakan.

Hak Hidup Anak
Anak-anak juga berhak mendapatkan kehidupan yang layak, seperti kasih sayang, asi ekslusif, memiliki akte kelahiran dan hak tumbuh dan berkembang. Anak juga memeliki hak perlindungan dari kekerasan, pelecehan seksual, tindak kriminal dan pekerjaan orang dewasa yang tidak sesuai. Setiap anak juga berhak menyampaikan pendapat, bercerita, dan memilih pendidikan dan hobi sesuai minat dan bakat.

Foto: Pexels


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler