Mau Libur Akhir Tahun yang Menyenangkan? Begini Caranya!

Bandung - Akhir tahun adalah momen yang tepat untuk merencanakan liburan. Sayangnya, masih banyak juga yang kurang persiapan ketika hendak melakukan liburan akhir tahun. Padahal banyak hal yang perlu dipersiapkan loh biar liburanmu lebih menyenangkan. Supaya liburan akhir tahun lancar dan menyenangkan, perhatikan hal-hal berikut ya!

Susun Rencana
Kamu bisa menyusun rencana liburan akhir tahun dari jauh-jauh hari. Semua persiapan liburan mulai dari pemesanan tiket hingga penginapan layak kamu pikirkan beberapa bulan sebelumnya. Namun jika kamu belum mempersiapkannya, kamu masih bisa kok menyusun rencana liburan dari sekarang. Persiapan yang matang akan membuat perjalanan wisata makin lancar dan tentunya menyenangkan.

Tujuan Wisata
Tujuan wisata adalah hal yang penting untuk ditentukan. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan anggaran yang disediakan. Pilihlah destinasi yang menarik dan belum pernah kamu kunjungi sehingga liburanmu mengesankan. Setelah memilih tujuan wisata, kumpulkan informasi tentang tempat tersebut, mulai dari visa, paspor, makanan, tiket masuk wisata dan lain sebagainya.

Baca Ini Juga Yuk: Bersiap Liburan? Ini Daftar Tanggal Merah dan 5 Harpitnas di 2019

Tentukan Anggaran
Setelah menentukan tujuan wisata, kini saatnya menyiapkan anggaran seperti tiket masuk, transportasi, penginapan, biaya makan hingga anggaran untuk oleh-oleh. Hitung dan perhatikan total anggaran yang perlu kamu persiapkan dan pastikan agar waktu liburan nanti pengeluaran kamu tidak melebihi anggaran yang telah direncanakan sebelumnya.

Transportasi
Bagi kamu yang menggunakan pesawat terbang, maka kamu harus rajin mencari harga tiket yang murah yang biasanya ditawarkan. Harga promo yang ditawarkan maskapai penerbangan maupun alat transportasi lainnya dapat kamu manfaatkan untuk menghemat anggaran. Kamu juga bisa membeli tiket pergi pulang sekaligus untuk mendapatkan paket harga yang lebih murah. Tak hanya menghemat biaya, hal ini juga dapat menghemat waktu dan tenaga kamu. Jadi, kamu enggak perlu disibukkan untuk memesan tiket ketika pulang nanti.

Penginapan
Kumpulkan informasi mengenai penginapan yang kamu butuhkan, seperti lokasi dengan tempat wisata serta harga yang terjangkau. Periksa ulasan penginapan sebelum kamu memesannya. Lihat juga apakah fasilitas penginapan yang disediakan sudah sesuai dengan yang kamu butuhkan atau tidak. Kamu juga harus berhati-hati dengan harga penginapan yang terlalu di bawah standar. Jangan terbuai oleh harga yang murah, yang malah memberikan tempat penginapan tidak nyaman karena akan mengganggu waktu beristirahat.

Jaga Kesehatan
Jaga kesehatan kamu menjelang dan selama liburan. Konsumsi vitamin dan makanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Hindari juga aktivitas berlebihan menjelang liburan. Untuk berjaga-jaga, bawa juga kebutuhan untuk menjaga kondisi tubuhmu, seperti obat, mutivitamin, jaket dan lainnnya. Selamat berlibur TemanBaik!

Foto: Pixabay

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler