Merawat Kastuba, Si Cantik Berdaun Merah Penghias Natal

Bandung - Setiap tahunnya pada perayaan Natal, tanaman ini kerap mengiasi rumah hingga hotel atau mal sebagai hiasan pemanis Natal. Daunnya yang berwarna merah membuatnya banyak diincar untuk aksesoris Natal.

Namun untuk merawat tanaman ini terbilang gampang-gampang susah. Karena jika tidak dirawat dengan benar, daunnya tidak akan berwarna merah terang seperti yang diharapkan melainkan jadi hijau seperti daun pada umumnya. Butuh trik khusus dalam perawatannya loh Temanbaik yang ingin merawat tanaman ini.

Nah, supaya Kastuba milik TemanBaik bisa tumbuh dengan baik, berikut kami berikan cara-caranya.

1. Sinar Matahari
Pastikan Kastuba disimpan di lokasi yang tepat yang membuatnya bisa terkena sinar matahari selama 6 jam setiap harinya. Coba cari lokasi di halaman, teras atau ruangan di dalam yang memungkinkan. Namun jangan sampai daun Kastuba menyentuh dinding kaca ya. Karena temperatur kaca yang dingin bisa membuat daun lama kelamaan gugur

Baca Ini Juga Yuk: Menghias Rumah dengan Lima Tanaman Cantik Kekinian Ini Yuk!

2. Jaga Temperatur
Temperatur ideal untuk kastuba adalah tidak mencapai di atas 21 derajat celsius di siang hari dan tidak kurang di bawah 18 derajat Celsius di malam hari. Ini gunanya untuk menjaga warna merah terang pada daun pelindung. Hindari juga paparan panas dan dingin dari alat elektronik di sekitar rumah.

3. Cukup Air
Kastuba suka tanah yang lembap tapi tidak basah. Jadi untuk menyiasatinya TemanBaik harus menyiram kastuba bila permukaan tanah terasa kering disentuh. Siram tanaman hingga terlihat air mulai keluar melalui lubang di dasar pot. Buang kelebihan air dari tatakan di bawah pot. Bila tanaman dibiarkan terendam, tanah akan menjadi terlalu basah, dan tidak akan mengandung udara yang cukup, menyebabkan akar membusuk dan timbulnya penyakit-penyakit lain. Pastikan periksa tanah pada pot Kastuba secara teratur ya.

4. Awasi Hama
Jangan sampai tanaman Kastuba milikmu terkena penyakit seperti jamur atau kutu putih ya. Karena ini akang menghambat pertumbuhan dan jika tidak segela diatasi akan membuat tanaman kelamaan jadi mati.



Foto: pixabay

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler