Mengenal Sindrom Pasca Liburan dan Cara Mengatasinya

Liburan memang hal yang menyenangkan karena menjadi momen menghibur diri untuk mengisi kembali semangat agar kembali bekerja dengan lebih baik. Namun hal itu ternyata tidak semua orang rasakan.

Usai liburan, ada beberapa orang yang malah jadi malas kembali ke rutinitas bekerja dan ingin rasanya waktu liburan diperpanjang. Apa TemanBaik salah satunya? Hati-hati, jangan sampai kamu mengalami sindrom post holiday blues.

Post holiday blues atau sindrom pasca liburan adalah sindrom di mana orang yang mengalaminya merasa depresi ringan. Hal tersebut menyebabkan perasaan tidak semangat untuk melakukan kegiatan sehari-hari yang penuh dengan tekanan dan kelelahan. Sindrom ini merupakan kondisi emosional yang dirasakan setelah menikmati liburan.

Baca Ini Juga Yuk: Mau Libur Akhir Tahun yang Menyenangkan? Begini Caranya!

Sindrom post holiday blues mirip dengan seasonal affective disorder (SAD), yaitu gangguan emosional yang terjadi pada waktu tertentu. Sama halnya dengan sindrom setelah menikah yang merasa kaget saat euforia pernikahan berakhir.

Tapi, kehidupan tetap harus berlanjut, jadi jangan sampai sindrom ini mengganggu aktifitas. Ada beberapa cara untuk mengatasi post holiday blues ini biar kamu tetap semangat kembali menjalani rutinitas, apa saja?

Istirahat
Lelah usai liburan akan membuat kamu melihat kenyataan menjadi hal yang tidak menyenangkan. Untuk mengatasinya, luangkan waktu untuk santai dan melakukan me-time dengan memasak atau menonton film. Kamu juga bisa beristirahat dan benar-benar tidak melakukan apa-apa menjelang masuk kerja, seperti hanya tidur dan membaca buku.

Membuat Jadwal
Cara lainnya untuk mengatasi post holiday blues adalah merancang jadwal untuk liburan selanjutnya dalam waktu dekat. Rencanakan apa saja yang akan kamu lakukan ketika berlibur. Perhatikan juga kegiatan liburan supaya kamu tidak terlalu lelah atau bahkan malah membuatmu jadi sakit.

Olahraga dan Latih Pernapasan
Ketika kamu harus bekerja setelah liburan dan merasa tertekan, mulailah kebiasaan baru dengan berolahraga dan olah pernapasan dapat membantu mengatasi post holiday blues. Tarik napas dalam-dalam dengan pernapasan perut, lepaskan napas panjang sambil ucapkan hal-hal positif. Membayangkan tempat liburan kesukaan juga dapat membantu kamu kembali ke keadaan yang tenang dan penuh energi untuk memulai aktivitas.

Asupan Makanan
Kamu juga harus memerhatikan dan menjaga pola hidup sehat usai berlibur. Konsumsi makanan yang mengandung asam amino, karbohidrat, vitamin dan mineral. Makanan tersebut terdapat pada kentang, brokoli, susu, daging, telur, keju serta buah-buahan.


Foto: Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler