5 Cara Cegah Anak Mabuk Perjalanan Saat di Pesawat

Bandung - Mabuk perjalanan ketika naik pesawat bisa dialami siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun, anak-anak cenderung lebih rentan terhadap mabuk perjalanan, seperti mual dan tidak nyaman selama di perjalanan. 

Biar perjalanan anak di pesawat tidak terganggu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegahnya. Berikut adalah lima cara cegah anak mabuk perjalanan ketika di pesawat yang bisa dicoba.

Hindari Makanan Tertentu
Ketika akan naik pesawat, hindari mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan sakit perut, seperti makanan pedas dan asam. Kondisi perut yang lemah dapat meningkatkan risiko mabuk perjalanan. Batasi juga waktu makan, yaitu satu jam sebelum pesawat lepas landas. Sebab, naik pesawat dengan kondisi perut penuh akan menyebabkan rasa mual. Namun, bukan berarti si kecil tidak boleh makan sama sekali ya, jangan sampai kondisi perut kosong ketika naik pesawat.


Pilih Tempat Duduk
Posisi duduk juga dapat memengaruhi kondisi tubuh selama di pesawat. Pilihlah duduk di bagian sayap pesawat karena akan mengurangi rasa mual. Jika kursi tersebut tidak tersedia, pilihlah kursi di bagian depan. Sebab, bagian sayap dan barisan depan cenderung lebih sedikit merasakan guncangan. 

Perbanyak Minur Air Putih
Perbanyak minum air putih dapat menetralisasi dampak dari makanan yang dikonsumsi. Terutama ketika tidak sengaja anak mengonsumsi makanan pedas atau asam. 

Minum Obat
Untuk berjaga-jaga, anak juga bisa meminum obat anti mabuk sebelum naik pesawat. Pastikan obat yang diminum khusus untuk anak-anak, dengan dosis yang berbeda dengan orang dewasa. Jika si kecil rutin mengonsumsi obat-obatan dari dokter, konsultasikan dahulu mengenai efek samping jika meminum obat anti mabuk pada dokter. Bergitu pula dengan jadwal minum obat dan efeknya jika diminum saat di perjalanan udara. 

Tidur
Ketika pesawat mulai stabil di udara sekitar 10 menit, anak dianjurkan tidur agar tubuh terasa lebih rileks dan siap menjalani kegiatan setelah mendarat. 

Foto ilustrasi Unsplash.com
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler