5 Keharuman Minyak Esensial yang Bantu Redakan Sakit Kepala

Bandung - Minyak esensial atau asiri adalah minyak yang terdapat dalam tumbuhan yang dapat ditemukan di akar, batang, daun, bunga, tanaman dan biji-bijian. Selain bermanfaat sebagai pengobatan rumahan untuk berbagai pernyakit, minyak ini juga dapat mengobati sakit kepala dan migrain loh. 

Lima aroma minyak esensial berikut dapat kamu coba untuk atasi pusing, sakit kepala atau migrain. Dengan mengoleskannya ke dahi, menghirupnya, menggunakannya sebagai kompres atau menambahkannya pada bak mandi dan bantal tidur. Selamat mencoba TemanBaik. 

Lavender
Tidak hanya dapat digunakan untuk meredakan stres, kecemasan dan depresi. Aroma Lavender juga dapat membantu membuat tidur nyenyak dan mengobati sakit kepala dan migrain yang dipicu oleh stres. 

Peppermint
Minyak Peppermint juga merupakan salah satu minyak esensial yang paling sering digunakan untuk mengobati sakit kepala atau migrain. Peppermint mengandung mentol yang dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit. Mentol terbukti efektif dalam mengobati migrain ketika dioleskan ke kepala sebagai gel.

Rosemary
Minyak Rosemary memiliki sifat antiradang dan analgesik yang dapat menghilangkan rasa sakit. Secara tradisional, minyak Rosemary kerap digunakan untuk mengobati sakit kepala, meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi stres. Selain dapat membantu meringankan sakit kepala, minyak Rosemary juga dapat mengurangi insomnia dan mengendurkan otot yang dapat membantu meredakan sakit kepala.

Chamomile
Minyak Chamomile dapat membantu melemaskan tubuh dan menenangkan otot, sehinga sangat membantu dalam mengobati sakit kepala yang tegang. Minyak Chamomile juga dapat membantu mengobati kecemasan dan insomnia yang merupakan penyebab umum sakit kepala. Namun, hindari penggunaan minyak Chamomile pada ibu hamil karena berisiko keguguran.

Thyme
Minyak Thyme memiliki sifat antiseptik, antibakteri, antispasmodic, hipertensi dan memiliki sifat menenangkan. Thyme mendukung kekebalan tubuh, pernapasan, pencernaan, sistem saraf dan fungsi tubuh lainnya. Sifatnya yang menenangkan tubuh dapat membantu meredakan sakit kepala dan meringankan gejala menstruasi pada wanita. 



Foto: Pexels







Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler