Cara Simpan Roti Supaya Tahan Lama dan Tidak Mudah Berjamur

Bandung - Roti adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air yang difermentasikan dengan ragi. Sama seperti makanan lainnya, roti juga perlu disimpan dengan teknik yang tepat agar lebih tahan lama dan tidak berjamur. Supaya roti yang tersisa di rumah tidak berakhir di tempat sampah, terapkan cara penyimpanan berikut yuk!

Bungkus Roti
Ketika membeli roti, biasanya akan dibungkus dengan kemasan kertas atau plastik. Jika kemasannya kertas, buka dan ganti dengan plastik atau aluminium foil. Begitu juga ketika hendak menyimpannya di dalam lemari, pastikan roti dibungkus dengan plastik atau aluminium foil terlebih dahulu. Cara ini akan mengurung kelembapan alami roti sehingga tekstur roti tidak akan mengering dan keras. 

Suhu Ruangan
Untuk membuat roti lebih tahan lama, kamu juga bisa menyimpannya di lemari es (freezer bukan chiller). Hindari menyimpan roti dalam suhu ruang selama lebih dari dua hari, apalagi menyimpannya di tempat yang lembab atau langsung terkena sinar matahari. Tempat yang lembab bisa membuat roti cepat berjamur sementara sinar matahari akan membuat roti cepat kering dan mengeras. 

Simpan dalam Kotak
Jika tidak ada lemari es, simpan roti dalam wadah atau kotak plastik tertutup setelah dibungkus aluminium foil atau plastik. Jangan lupa menyimpannya di tempat  sejuk, namun tidak lembab. Dan hindari terkena langsung matahari.

Bekukan Roti
Jika roti terlalu banyak, cara terbaik untuk menyimpannya agar tidak berjamur adalah dengan membekukannya di dalam lemari es (freezer). Proses ini dapat menurunkan suhu roti sehinga proses pengkristalan zat tepung dapat dihentikan. 

Ketika akan memakannnya, keluarkan roti dari freezer dan letakkan roti dalam suhu ruang. Selain itu, kamu bisa memanggang roti dalam oven (maksimal lima menit) untuk mengembalikan kerenyahan roti. Selamat mencoba TemanBaik!

Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler