5 Kemampuan yang Perlu Kamu Punya Sebelum Usia 30 Tahun

Bandung - 30 tahun adalah usia yang menunjukkan kematangan dalam cara berpikir. Pada usia ini, kamu akan meninggalkan masa muda dan memasuki gerbang baru yang penuh tanggung jawab. Biar TemanBaik makin siap, berikut adalah lima kemampuan yang sebaiknya kamu miliki sebelum usia 30 tahun. Enggak ada salahnya kamu coba pelajari dari sekarang.

Memasak
Memasak adalah kemampuan yang perlu kamu pelajari untuk bekal ketika harus hidup mandiri. Membeli makan memang cara yang praktis, namun cobalah sesekali memasak setidaknya untuk kebutuhan diri sendiri. Dengan memasak, kamu akan lebih puas dengan apa yang kamu makan dan tentunya hal ini dapat menghemat keuangan.

Mengelola Keuangan
Mulailah belajar mengelola keuangan dengan membuat perencanaan pembelian, mencatat pengeluaran dan menabung dari sekarang. Ada beberapa hal mendasar yang dapat kamu coba praktikkan dalam mengelola keuangan. Salah satunya dengan mengendalikan keinginan untuk belanja berlebihan. Saatnya mulai melacak pengeluaran, membatasi penggunaan kartu kredit dan membiasakan diri untuk rutin menabung.


Menerima Saran dan Kritik
Kemampuan menerima saran dan kritik dari orang lain adalah tanda kalau kamu sudah dewasa. Terima saran sebagai hal yang dapat membangun diri dan menerima kritik sebagai suatu tanggapan atas pekerjaan atau hasil yang kamu berikan. Kritik yang membangun dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik. 

Komitmen
Jika selama ini kamu kesulitan berkomitmen, maka mulailah belajar melakukannya. Kemampuan berkomitmen dapat dipelajari dari sekarang. Kamu dapat menjadi seorang dewasa yang bertanggung jawab atas komitmen. Caranya dengan melibatkan diri secara penuh untuk mencapai target yang ingin dicapai.

Mandiri 
Saat ini kamu mungkin masih bergantung pada teman, keluarga, rekan kerja atau pasangan. Di usia 30 tahun, kamu sudah harus bisa menjadi pribadi yang mandiri. Untuk itu, cobalah melatih berbagai kemampuan dan kemandirian sebelum kamu berusia 30 tahun. 

Foto: Unsplash
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler