Tabata, Olahraga 4 Menit yang Efektif Turunkan Berat Badan

Bandung - Di era modern, banyak orang yang  enggak punya banyak waktu untuk berolaraga. Sebagai solusi sehat,  ilmuwan asal Jepang bernama Izumi Tabata mengenalkan olahraga efektif yang bisa membakar lemak dalam waktu 4 menit saja loh! Seperti apa?

Instruktur Tabata dari T Fitness and Gym Bandung Maryuki mengatakan, aktivitas fisik ini bisa dilakukan di rumah, gym bahkan kantor loh. Kita hanya butuh konsentrasi selama empat menit dan dilakoni empat kali dalam seminggu atau bisa lebih jika TemanBaik punya banyak waktu.

"Setelah cukup pemanasan, kita bisa melakukan gerakan simpel selama 20 detik dan diulangi hingga delapan set. Intensitas gerakannya diawali dari yang terendah sampai tertinggi tergantung kemampuan masing - masing," ujar Maryuki kepada BeritaBaik.


Pembakaran lemak alat Tabata bisa meminjam beberapa gerakan senam lantai. Misalnya push up. Pada set pertama gerakannya santai saja ya TemanBaik, kemudian intensitasnya dipercepat di set selanjutnya, sampai tubuh kita sukses mengeluarkan banyak keringat.

"Kalau stamina masih bagus, Tabata juga bisa dikombinasikan dengan olahraga lain seperti pound fit, aeorobik atau jenis aktvitas fisik lain yang ada di tempat gym. Pokoknya disesesuaikan dengan kebutuhan," katanya.

Selain efektif menurunkan berat badan, Tabata juga bagus loh untuk pembentukan masa otot. Variasi gerakannya bisa kita perdalam sesuai kreativitas. Misalnya sit up, bodyweight squat, lompat tali, mountain climbers dan kreasi lain yang gayanya disesuaikan dengan keinginan TemanBaik. 

"Setiap 20 detik melakukan gerakan cepat, kita boleh beristirahat selama 10 detik lalu pola itu bisa dilakukan secara berulang - ulang," pungkasnya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler