6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

Bandung - Selain badan yang terasa pegal, sebagian perempuan mungkin juga mengalami nyeri hebat atau disebut dysmenorrhea ketika menstruasi tiba. Selain itu, menstruasi juga kerap kali memengaruhi suasana hati. 

Supaya perasaan kamu tetap terjaga dan terhindar dari sakit perut, kamu harus menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa berdampak buruk pada menstruasi. Mau tahu apa saja?

Kafein
Ketika menstruasi sebaiknya kamu menghindari berbagai jenis minuman yang mengandung kafein. Kafein dapat membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman. Kafein juga dapat membuat pembuluh darah menuju rahim menyempit sehingga menyebabkan kram perut.


Lemak
Untuk menjaga tubuh tetap fit dan terhindar dari perut kembung, kamu juga harus membatasi makanan berlemak. Daging berlemak mengandung asam arakidonat yang menghasilkan prostaglandin yang dapat menyebabkan kontraksi pada uterus dan kram. Mengonsumsi lemak jenuh pada hari awal menstruasi dapat menyebabkan berbagai rasa tak nyaman, seperti perut kembung, nyeri payudara dan berjerawat. 

Susu
Susu merupakan salah satu penyebab perut kembung pada perempuan terutama di masa menstruasi. Oleh sebab itu, hindari mengonsumsi susu dan olahan susu ketika menstruasi seperti keju dan es krim.

Gorengan
Gorengan dan makanan yang mengandung banyak minyak dapat menyebabkan peradangan dan berpotensi meningkatkan kadar estrogen dalam tumbuh. Kalau kamu mengonsumsinya saat menstruasi, perutmu bisa kram dan nyeri pada rahim.

Makanan Pedas
Menyantap makanan pedas selama menstruasi dapat memicu ruam kulit, berjerawat, sampai membuat jeda siklus menstruasi. Bumbu pedas dari makanan dapat mengganggu lapisan perut dan juga usus, sehingga memicu keasaman dan kram menstruasi yang menyakitkan.

Alkohol
Alkohol dapat membuat perut perempuan merasa kembung, dan akan memperparah rasa sakit perut ketika meminumnya saat menstruasi. Oleh sebab itu, kamu harus menghindari mengonsumsi alkohol ketika menstruasi berlangsung.


Foto: norfaziela.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler