Mengenal Eustres, Jenis Stres yang Baik

Bandung - Dalam menjalani hidup ini, ada beberapa hal dan kondisi yang membuat kita mengalami stres, seperti beban kerja atau kejadian tragis yang tak terduga. Stres yang muncul bisa membuat kita merasa tertekan. Namun, apakah TemanBaik tahu ada jenis stres yang baik dan positif?

Dalam dunia psikolgi, ada dua jenis stres, yaitu eustres dan distres. Eustres merupakan jenis stres yang baik. Jenis stres ini biasanya berlangsung dalam jangka pendek dan dianggap sebagai sesuatu yang bisa kita atasi. Selain itu, memotivasi kita agar melakukan sesuatu dengan lebih baik.

“Stres bisa mendorong kita untuk lebih baik, mencapai sesuatu yang lebih tinggi. Stres bisa kita anggap sebagai alarm untuk meningkatkan sesuatu dalam diri kita,” kata Psikolog Larasati Ayu Pidari.

Beberapa sumber eustres di antaranya adalah menjalin hubungan yang baru, mendapat pekerjaan baru, mempelajari hobi baru, menikah, memiliki anak, bahkan pergi liburan dan melakukan perjalanan. Hal-hal yang membuat kita merasa tertantang.

Stres yang baik juga berdampak bagi kesehatan fisik dan mental. Ketika stres, tubuh memproduksi hormon oksitosin yang bisa meningkatkan rasa percaya diri, dan membuat kita menjadi lebih dekat dengan orang di sekitar.

Nah, mulai sekarang TemanBaik tidak perlu khawatir dan menghindari stres. Bila sesuatu itu terasa menyenangkan, bisa dinikmati dan memacu diri menjadi lebih baik, berarti TemanBaik sedang mengalami jenis stres yang baik.


Foto Ilustrasi: Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler