Apa Bedanya Paspor Biasa dan E-Paspor? Ini Penjelasannya

Bandung - Paspor adalah dokumen resmi yang menjadi syarat untuk bepergian ke luar negeri. Saat ini, terdapat dua jenis paspor yang tersedia, yaitu paspor biasa dan paspor elektronik atau e-paspor. 

Kedua jenis paspor ini sama-sama dapat digunakan untuk syarat perjalanan ke luar negeri dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Buat TemanBaik yang belum tahu apa saja perbedaan dua jenis paspor ini, simak ulasan singkatnya berikut yuk!

Paspor Biasa
Paspor biasa adalah paspor berupa buku yang selama ini biasa digunakan untuk perjalanan ke luar negeri. Petugas akan memeriksa lembar per lembar cap negara yang ada di dalamnya dan kamu diharuskan memperpanjang ketika lembarannya habis. 

Mengurus paspor biasa dapat dilakukan di kantor imigrasi manapun, baik di kantor kelas imigrasi kelas satu atau dua. Dengan biaya pengurusannya sekitar Rp 355.000 per paspor. 

Sayangnya, karena harus langsung ke kantor imigrasi, kamu diharuskan mengantre ketika berangkat ke luar negeri menggunakan paspor ini. Selain itu, menggunakan paspor biasa tidak bisa mendapat kemudahan persetujuan visa. Paspor biasa juga mudah sekali untuk dipalsukan.


E-Paspor
Secara bentuk, sebenarnya e-paspor tidak memiliki perbedaan dengan paspor biasa. Keduanya sama-sama berbentuk seperti buku paspor biasa. Perbedaannya adalah, terdapat chip di halaman depan buku paspor tersebut. 

Chip ini berfungsi menyimpan data biometrik pemegang paspor seperti standar yang ditetapkan oleh Civil Aviation Organization (ICAO). Isi data ini adalah bentuk wajah dan sidik jari yang akan muncul ketika chip paspor dipindai di bandara. Untuk membuat e-paspor dikenakan biaya sekitar Rp 655.000 per buku paspor.

E-paspor memiliki berbagai kelebihan, seperti mudah mendapatkan persetujuan visa kunjungan, karena data pemegang mudah diverifikasi oleh negara yang kita kunjungi. Kamu juga tidak perlu mengantre ketika berangkat ke luar negeri dari Jakarta atau Bali, cukup masuk ke autogate, pindai paspor dan siap boarding.

Dengan e-paspor kamu bisa ke Jepang tanpa perlu mengurus visa ke Kedutaan Jepang, loh! Kesempatan untuk mendapatkan bebas visa ke beberapa Negara juga terbuka lebar. Kamu cukup membeli tiket online tanpa perlu pusing dengan biaya visa. 

Sayangnya, e-paspor hanya bisa diurus di kantor imigrasi kelas 1 yang berada di ibukota provinsi masing-masing. Hal ini cukup menyulitkan, terutama mungkin bagi kamu yang tinggal jauh dari ibukota provinsi.

Foto: Instagram.com/ap_airports

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler