Perhatikan 6 Hal Ini Sebelum Pinjam Duit Online

Bandung - Kalau dulu pinjam atau nabung harus pergi ke bank, di zaman digital transaksi fisik itu sudah enggak perlu lagi loh. Dengan keberadaan fintech atau financial technology, semua proses bisa dijalani hanya di ponsel. TemanBaik juga pasti pernah ditawari kan?

Meski transaksinya mudah dan cepat, kita tetap harus hati - hati loh. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat TemanBaik bersentuhan dengan transaksi uang secara online. Untuk menghindari belitan utang berbasis teknologi internet, Otoritas Jasa Keuangan membagikan tip pentingnya nih. Simak yuk!

Pilih Fintech Berizin
Pastikan meminjam di Perusahaan yang terdaftar atau berizin di OJK. Cek legalitas perusahaan pemberi pinjaman melalui telepon Kontak OJK 157 atau di website OJK www.ojk.go.id.

Baca Ini Juga Yuk: Bermasalah dengan Pinjaman Online? Adukan ke Sini!

Pinjam Sesuai Kebutuhan 
Pinjam untuk kebutuhan produktif, bukan konsumtif, dan tidak melebihi 30 persen dari penghasilan agar tidak memberatkan. Pertimbangkan tanggungan atau cicilan lain yang juga harus dibayar. 

Lunasi Cicilan Tepat Waktu 
Bayar cicilan tepat waktu untuk menghindari denda yang membengkak. Agar tidak lupa membayar, pasang alarm kalender di ponsel atau beri tanda pada kalender manual atau di gadget.

Jangan Lakukan Gali Lubang Tutup Lubang 
Jangan membayar pinjaman dengan pinjaman yang baru untuk menghindari terlilit hutang. Jadikan membayar cicilan sebagai prioritas utama setelah menerima penghasilan. 

Ketahui Bunga dan Denda Pinjaman Sebelum Meminjam 
Pelajari dan survei terlebih dahulu bunga dan denda yang ditawarkan. Pilihlah pinjaman online yang menawarkan bunga dan denda paling rendah untuk meringankan cicilan. 

Pahami Kontrak Perjanjian 
Baca dengan teliti kontrak perjanjian yang ditawarkan, dan ajukan pertanyaan kalau  belum jelas. Pokoknya biasakan untuk membaca dulu aturan mainnya sebelum memutuskan sesuatu.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler