Stres dengan Pekerjaan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bandung - Stres adalah gangguan mental yang berdampak pada kondisi psikis. Pada tingkat tertentu, stres juga dapat berpengaruh pada berat badan, kehidupan seksual bahkan penyakit. Dan, tempat bekerja biasanya menjadi salah satu hal yang dapat membuat orang stres.

Stres di tempat kerja memang wajar, namun jika dibiarkan hal ini dapat memengaruhi kualitas kehidupan kamu loh TemanBaik. Saatnya cari tahu penyebab stres kamu di tempat bekerja dan lakukan cara mengatasinya sedini mungkin supaya bekerja jadi lebih menyenangkan.

Penyebab
Bekerja sibuk tanpa jeda bisa jadi merupakan salah satu penyebab stres dalam pekerjaan. Apakah kamu datang ke kantor lebih pagi dan pulang larut bahkan lembur menjadi kegiatan sehari-hari? Waspada, hal ini bisa menyebabkan stres.

Selain itu, kurangnya apreasiasi dalam bekerja juga bisa menjadi salah satu penyebab stres. Misalnya kamu sudah bekerja dengan sangat keras namun tidak mendapatkan gaji sepadan, promosi atau sekadar pengakuan, padahal kamu sudah berusaha dan memberikan perngorbanan berupa waktu dan tenaga. Tempat bekerja yang tidak adil pada karyawan dan bekerja penuh rasa takut juga dapat memicu stres.

Baca Ini Juga Yuk: Lakukan Ini untuk Hilangkan Stres Setelah Bekerja

Cara Mengatasinya
Setelah mengetahui apa penyebab stres kamu dalam bekerja, langkah selanjutnya adalah mencegah hal tersebut terjadi berkepanjangan. Jika kamu stres karena terlalu banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, maka mulailah merapikan waktu bekerja. Kamu bisa menceritakan masalah tersebut pada HRD atau atasanmu dan kemudian mendapatkan keputusan yang sama-sama menyenangkan bagi perusahaan dan tentunya bagi kondisi kesehatan kamu.

Begitu pun jika stres yang kamu hadapi karena kurangnya apresiasi, utarakan hal tersebut pada HRD atau atasanmu. Ceritakan apa hal yang membuat kamu tidak nyaman dan bicarakan agar ditemukan solusi yang baik.

Selanjutnya, jangan lupa untuk rutin berolahraga. Luangkan juga waktu untuk berkumpul dengan keluarga, orang-orang tersayang, teman-teman dan melakukan hal-hal yang menjadi hobimu. Luangkan waktu untuk membaca buku, menonton film kesukaan, memasak, berkebun dan hal-hal yang kamu sukai lainnya.

Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler