Waspadai 6 Gejala Kanker Getah Bening yang Sering Dianggap Sepele

Bandung - Kanker kalenjar getah bening atau yang dikenal dengan istilah kanker limfoma merupakan salah satu jenis kanker yang terkenal ganas loh, TemanBaik. Kanker jenis ini menyerang darah dalam sistem limfatik yang menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening. 

Sel kanker yang menyerang limfa dapat memperburuk sistem kekebalan tubuh. Jika tidak mendapatkan perawatan, infeksi jadi lebih mudah terjadi sehingga menyebabkan komplikasi yang dapat berakibat fatal.

Di hari kanker sedunia yang jatuh pada 4 Februari 2019 ini, yuk cari tahu gelaja-gejala kanker getah bening. Jangan dianggap sepele ya!

Benjol atau Pembengkakan

Kamu harus waspada, jika terdapat pembengkakan atau benjolan di leher, ketiak, dan pangkal paha. Ciri-ciri benjolan ini di berbeda dari benjolan umumnya, biasanya terdapat lebih dari satu atau bergerombolan yang tidak menyebabkan sakit.

Baca Ini Juga Yuk: Diabetes Bisa Dicegah dan Dikendalikan, Yuk Cari Tahu Caranya!

Berat Badan

Ciri lainnya adalah penurunan berat badan secara drastis. Sebab orang dengan kondisi ini, membakar lebih banyak energi karena tubuh mencoba melawan sel-sel kanker. Berat badan pun dapat berkurang sebesar 5 sampai 10 persen dalam waktu satu bulan.

Demam

Biasanya pasien limfoma akan mengalami demam dengan derajat yang relatif rendah, disertai tubuh kedinginan, menggigil, dan tubuh mengeluarkan banyak sekali keringat di malam hari.

Cepat Lelah

Penderita kanker limfoma juga sering merasa kelelahan. Biasanya kelelahan ini juga dibarengi dengan kondisi perut yang terasa selalu penuh, nyeri, dan nyaman. 

Baca Ini Juga Yuk: Hati-hati! Konsumsi Obat Pereda Nyeri Bisa Bikin Obesitas Loh!

Ruam dan Gatal

Limfoma dapat menyebabkan kulit gatal dan ruam yang makin lama akan terlihat bersisik kemerahan atau bahkan keunguan. Kondisi ini sering terjadi pada daerah lipatan kulit yang menyerupai eksim. Gejala ini umumnya terjadi pada jenis limfoma hodgin dan terjadi karena zat sitokin yang dilepaskan oleh tubuh untuk melawan sel kanker.

Nyeri

Jika sel kanker berada di timus yaitu organ kecil yang berada di antara paru dan sterum (tulang dada) dapat memengaruhi timus dan dapat membuat nyeri pada dada. Selain itu, sel kanker juga dapat menyerang limfa di sekitar punggung bawah. Kondisi ini menimbulkan pembengkakan dan memberi tekanan lebih pada saraf sumsum tulang belakang. 


Foto: Unsplash 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler