Mau Punya Ingatan Kuat di Masa Senja? Lakukan Hal Sederhana Ini!

Bandung - Demensia adalah sindrom yang kerap dialami saat usia semakin senja. Demensia adalah sebuah sindrom yang berkaitan dengan penurunan kemampuan fungsi otak, seperti berkurangnya daya ingat dan menurunnya kemampuan berpikir. Namun, ada hal sederhana yang bisa TemanBaik lakukan untuk mencegah terjadinya demensia. Apakah itu?

Berdasarkan riset baru dari Rush University Medical Center, untuk menguatkan ingatan dan keterampilan berpikir di masa tua, kita hanya perlu sering bergerak atau melakukan aktivitas fisik. Bisa dengan melakukan olahraga rutin ataupun dengan melakukan pekerjaan rumah sehari-hari. Hasil riset itu dipublikasikan pada Januari lalu dalam jurnal medis American Academy of Neurology.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenal Dysania, Sindrom Sulit Bangun Tidur yang Unik

“Orang-orang yang sering bergerak memiliki daya ingat dan keterampilan berpikir yang lebih baik dibanding orang-orang yang jarang bergerak atau tidak sama sekali,” jelas Aron S. Buchman, MD, peneliti sekaligus anggota American Academy of Neurology. Ia juga menjelaskan, gerakan pada dasarnya dapat menyediakan cadangan untuk membantu mempertahankan keterampilan berpikir dan daya ingat ketika ada tanda-tanda demensia di otak.

Riset ini melibatkan 454 partisipan, yang di antaranya 191 adalah orangtua yang memiliki demensia, dan 263 orangtua yang tidak memiliki demensia. Para partisipan menyetujui untuk memberikan otak mereka setelah meninggal untuk diteliti.

Peneliti mengukur level aktivitas mereka sekitar dua tahun sebelum meninggal. Hasil riset menunjukkan, partisipan yang sering bergerak memiliki jaringan otak yang terlindungi dan resiko terkena demensia yang lebih rendah. Jadi, mulai sekarang, yuk kita rajin bergerak demi masa tua yang baik!

Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler