Yuk Tingkatkan Kesehatan Mental Kamu dengan Cara Sederhana Ini

Jember - Di negara berkembang, kepedulian soal kesehatan mental masih belum terlalu masif seperti di negara-negara maju. Padahal di tengah modernitas yang semakin kencang, masalah mental berisiko semakin besar untuk menyerang terutama milenial, loh.

Penyebabnya beragam, mulai dari kejadian traumatis, tuntutan tugas kantor atau kuliah, hingga pengaruh media sosial. Gejalanya pun beragam dan kerap kali diabaikan. Atensi biasanya baru muncul ketika gangguan telah terakumulasi dan memuncak.

Kalau sudah sampai tahap ini, risiko yang sangat mengkhawatirkan terbuka sangat lebar, seperti depresi dan keinginan untuk menyakiti diri atau bahkan menghabisi nyawa sendiri. Duh, ngeri sekali, kan?

Karena itu, seberapa pun rendahnya tingkat gangguan kesehatan mental yang mungkin kamu miliki atau bahkan sekalipun kamu tidak merasa ada yang salah, ada baiknya untuk melakukan beberapa hal berikut sebagai langkah preventif untuk pribadi yang lebih sehat dari dalam.

Meditasi
Terdengar basi? Kecuali sudah pernah melakukannya dengan benar, sebaiknya kamu tidak beranggapan demikian. Toh nyatanya, meditasi bukanlah hal yang basi.

Luangkan setiap hari paling tidak dua sampai lima menit untuk bermeditasi. Relaksasikan pikiranmu dengan teknik pengaturan napas yang tepat. Fokus yang kamu latih melalui meditasi akan berdampak sangat banyak pada kehidupanmu sehari-hari.

Baca Ini Juga Yuk: Minum Kopi Mampu Cegah Risiko Depresi

Ambil Cuti dari Dunia Maya
Kalau kamu bisa bolos jadwal kuliah atau cuti kerja, lakukan hal serupa untuk dunia maya. Meski internet hanya sebuah objek yang tidak bisa disalahkan, tetapi pola pikir yang ikut terbawa arus justru menjadikan internet sebagai salah satu sarana yang bersifat toxic.

Mulailah untuk tidak terlalu bergantung pada dunia maya, apalagi kalau aktivitas utamamu di dunia nyata tidak mengharuskanmu banyak bersinggungan dengan dunia maya. Ingat, bagaimana pun, kamu hidup di dunia nyata yang tidak menggunakan editing tools!

Kelilingi Diri dengan Lingkungan Positif
Sudah tahun 2019 masih juga ada di lingkungan destruktif? Duh, sepertinya ada yang harus kamu perbaiki dari resolusimu, deh.

Di antara banyak faktor, lingkungan merupakan salah satu yang berperan sangat besar untuk memengaruhi kepribadian seseorang, termasuk kesehatan mental. Karena itu, perbanyak diri untuk bergaul dengan orang-orang yang positif, baik yang kamu temui di lingkungan sosial baik secara nyata maupun maya.

Baca Ini Juga Yuk: Ini yang Bisa Kamu Lakukan Jika di Sekitarmu Ada yang Depresi

Lakukan Hal-Hal yang Membuatmu Merasa Hidup
Kapan terakhir kali kamu benar-benar menikmati waktu sendiri membaca buku? Atau kapan terakhir kali kamu merasa puas mendaki, membuat kue di dapur bersama orang terkasih, dan aktivitas lainnya tanpa distraksi?

Cobalah untuk kembali melakukan hal-hal menyenangkan seperti ini. Lupakan soal kerjaan, tugas kuliah, isu di internet, dan lain-lain untuk sejenak. Live the moment.

Santun Terhadap Diri Sendiri
Yang terpenting, kamu harus mencintai dan menghargai dirimu sendiri. Sekalipun kamu menganggap klise, mau tidak mau, sampai kapan pun penerimaan terhadap diri sendiri adalah kunci utama untuk membuatmu bahagia.


Foto: unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler