Ini Alasan Kenapa Kamu Perlu Coba Bekerja di Coworking Space

Bandung - TemanBaik sudah pernah dengat istilah coworking space belum? Coworking space alias ruang kerja bersama adalah cara bekerja dengan tempat kerja yang saling berbagi. Biasanya di sebuah kantor dan kegiatan indepeden. Berbeda dengan lingkungan kerja pada umumnya, peserta kerja bersama biasanya bukan dari organisasi yang sama.

Selama beberapa waktu terakhir, kehadiran ruang kerja kreatif di Indonesia semakin meningkat walau kebanyakan masih berada di kawasan kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Malang. Pengunjungnya pun berusia muda, mulai dua puluhan tahun hingga empat puluhan tahun.

Coworking space identik dengan para pekerja lepas. Namun, siapa saja boleh loh menggunakan fasilitas ini selama mengikuti aturannya, sekalipun kamu seorang pekerja kantoran. Terlepas dari apa pun status pekerjaanmu, coba deh paling tidak sekali saja bekerja di coworking space. Ada beberapa manfaat yang akan kamu rasakan saat menuangkan produktivitas di tempat yang satu ini. Mau tahu apa saja?

Ruang Kerja yang Nyaman dan Nonformal
Kalau kamu tidak terlalu suka dengan suasana kantor yang terlalu formal, kemungkinan besar coworking space akan membuatmu nyaman. Ruangan setiap coworking space didesain dengan gaya yang lebih fleksibel dan tidak kaku.

Coworking space juga dilengkapi ruangan khusus untuk melepas penat. Beberapa coworking space menawarkan ruang bermain (lengkap dengan Play Station, soccer tabletop, dan lain-lain), kafe, taman terbuka, bahkan kolam renang.

Baca Ini Juga Yuk: Stres dengan Pekerjaan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bekerja Lebih Produktif
Untuk menikmati kenyamanan bekerja di sini, kamu akan dikenakan biaya tertentu. Tiap coworking space mempunyai kebijakan masing-masing, tetapi sebagian besar menyediakan tarif untuk setiap 12 jam, seminggu, dan bulanan.

Nah, karena diharuskan membayar, kamu tentu tidak akan membuang-buang uang begitu saja, kan? Dalam waktu yang terbatas, kamu pun jadi lebih siap dan benar-benar memaksimalkan produktivitas di tempat ini.

Ruangan yang Kondusif
Di coworking space profesional, orang-orang yang bekerja di tempat ini pun sangat memahami dan menghargai privasi masing-masing. Kamu tidak perlu takut ruangan yang berisik meski sharing table yang kamu gunakan dipenuhi pekerja lainnya.

Pekerja yang ingin bersantai dan mengobrol biasanya akan melakukan ke ruang bersantai dan menjauhi meja kerja. Bila ingin menikmati layanan multimedia dari bangku kerja, masing-masing juga akan menggunakan headset,headphone, maupun earphone.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Cara Terbaik untuk Hadapi Sindrom Benci Hari Senin

Bertemu dengan Orang-Orang Profesional di Bidangnya
Kalau mau menambah relasi di lingkungan profesional, berkunjunglah ke coworking space. Kamu akan bertemu dengan banyak orang yang berkompeten di bidangnya masing-masing, terutama bagi mereka yang bekerja di industri kreatif maupun menjalankan bisnis sendiri.

Berpakaian Senyaman Mungkin
Kalau kantormu masih cukup kaku dengan mengharuskanmu berpakaian rapi yang kerap membuatmu terbebani, coworking space menawarkan hal sebaliknya. Celana pendek, kaus oblong, sandal jepit, semua boleh-boleh saja, kok!

Sepintas hal ini mungkin terlihat tidak terlalu signifikan, tetapi nyatanya berpakaian dengan nyaman memberikan dampak psikologis pula. Semakin nyaman kamu dengan kondisi dirimu, semakin tinggi pula kreativitas dan produktivitas yang bisa diciptakan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, bawa laptop dan perlengkapan kerjamu ke coworking space terdekat untuk pengalaman kerja yang lebih asyik!


Sumber gambar: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler