Kenali Arti Jerawat Berdasarkan Letaknya di Wajah

Jerawat menjadi suatu masalah yang dapat mengganggu penampilan. Apalagi kalau kita tidak segera menangani dan kurang menjaga kebersihan , wah bisa jadi jerawat akan semakin menyebar. Tapi tahu enggak sih TemanBaik, kalau letak jerawat di tubuh juga dapat menjadi indikasi adanya gangguan yang berhubungan dengan tubuh kita. Cek, dimana letak jerawatmu.

1. Jerawat di Sekitar Dagu, Rahang dan Leher
Timbulnya jerawat di daerah ini biasanya dialami oleh wanita yang sedang dalam masa menstruasi, hormon testosteron yang tidak stabil menyebabkan kelenjar minyak berproduksi lebih banyak dibanding biasanya. Selain itu, makanan berlemak juga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat.

2. Jerawat di Dekat Mulut
Selain makanan berminyak yang dapat menyumbat pori , jerawat di daerah mulut juga dapat disebabkan oleh kesehatan gigi atau gusi yang sedang terganggu.

3. Jerawat di Sekitar Mata dan Telinga
Kesehatan ginjal dapat terlihat dari ada tidaknya jerawat di daerah ini, karena kulit di sekitar mata terhubung dengan organ ginjal. Sehingga untuk menanganinya, Teman Baik dapat memperbaiki pola minum agar tidak dehidrasi, tidak mengonsumsi makananan atau minuman yang dapat memperberat kinerja ginjal, seperti merokok , minuman soda ataupun yang mengandung kafein tinggi. Begitupula dengan kulit di sekitar telinga, juga masih berhubungan dengan kesehatan ginjal.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Kegunaan Cotton Bud untuk Kecantikan, Apa Saja?

4. Jerawat di Pipi
Gangguan jerawat di daerah pipi biasanya disebabkan oleh penggunaan ponsel. Seperti yang kita ketahui, di layar ponsel dapat menyimpan banyak bakteri yang mampu menjadi pemicu jerawat.

Selain itu, kesehatan paru-paru juga perlu diperhatikan apabila muncul jerawat di daerah ini, paparan rokok ataupun asap kendaraan bermotor perlu kita hindari agar terhindar dari jerawat di pipi. Sehingga, paru-parumu tak lagi kelelahan karena bekerja terlalu keras untuk menyaring udara.

5. Jerawat di Kening
Munculnya jerawat di daerah kening menandakan kondisi pikiran kita yang sedang dalam tekanan hingga menyebabkan stress yangmemicu produksi adrenalin sehinga meningkatkan produksi minyak.

6. Jerawat di Dada atau Punggung
Jerawat juga dapat muncul di daerah selain wajah loh, biasanya di daerah dada atau punggung. Penyebabnya, karena area ini seringkali lembab karena produksi minyak yang menyumbat pori-pori, apalagi kalau kita menggunakan pakaian yang kurang menyerap keringat.

Selain menghindari penyebab jerawat di atas, Teman Baik dapat menghindari jerawat dengan membersihkan wajah maupun tubuh secara rutin, membersihkan peralatan sehari-hari seperti handuk, make up, helm dan sarung bantal secara teratur, menerapkan pola tidur yang baik, mengurangi makanan pemicu jerawat seperti keju, telur dan olahan makanan pedas lain juga menghindari stress dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan dan merilekskan pikiran. Selamat mencoba!


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler