Catat! Milenial Harus Paham Nih Tentang Bonus Demografi

Sebenarnya istilah demografi sudah mulai gencar disuarakan di Indonesia sejak sekitar lima tahun lalu. Namun, apa TemanBaik sudah tahu dan memahaminya?

Bonus demografi dapat didefinisikan sebagai kondisi jumlah penduduk usia produktif (15 sampai 64 tahun) di suatu negara jauh lebih besar dibandingkan jumlah penduduk usia non produktifnya. Diperkirakan, Indonesia akan memasuki periode ini pada tahun 2020 hingga 2030 dengan estimasi puncaknya di tahun 2028.

Lalu, mengapa hal ini penting untuk diketahui terutama bagi milenial?

Karena pada periode bonus demografi, milenial punyai peranan yang sangat besar untuk menentukan arah tujuan dan perkembangan negara. Dengan persiapan yang matang, maka bukan tidak mungkin Indonesia akan kembali muncul sebagai Macan Asia.

Namun, bonus demografi bukannya enggak punya potensi ke arah yang sebaliknya. Besarnya jumlah penduduk usia produktif di satu sisi juga bisa menjadi ancaman jika faktor dasar seperti pendidikan dan kesehatan tidak dijamin dengan sebenar-benarnya.

Nah, sebagai generasi yang akan memegang kendali ibu pertiwi, penting buatmu untuk ikut mempersiapkan diri. Di satu sisi, pemerintah dibebani dengan harus luasnya lapangan pekerjaan yang tersedia. Walau begitu, melihat pertumbuhan ekonomi dan prospek bisnis swasta yang semakin cerah, akan sangat membantu bila kamu turut menjadi pihak yang mampu menyediakan lapangan pekerjaan.

Di samping itu, kamu juga harus membekali diri dengan sebaik-baiknya. Selain didasari moral dan pendidikan serta wawasan yang tepat dan matang, kamu juga perlu menambah valuediri sendiri dengan memiliki keterampilan tertentu. Semakin hari, persaingan akan semakin ketat. Kamu tentu tidak ingin menjadi individu yang tertinggal, bukan?

Jadi, yuk terus bertransformasi menjadi dirimu versi terbaik! Tidak hanya untuk diri sendiri, kontribusimu juga berarti untuk negeri!

Sumber gambar: unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler