8 Hal Berkesan yang Bisa Kamu Dapatkan Cuma Lewat Radio

Bandung - Kamu tahu enggak TemanBaik kalau 13 Februari diperingati sebagai World Radio Day alias Hari Radio Sedunia loh. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan diluncurkannya United Nation Radio pada tahun 1946.

Bagi TemanBaik yang tumbuh di era 90-an, pasti tahu dong kalau radio merupakan salah satu media hiburan dan informasi yang paling dicari selain televisi. Enggak cuma bisa mendengarkan lagu kesukaan, radio juga punya program yang cukup menarik dengan penyiar yang menghibur. Mau tahu apa saja ya hal-hal berkesan yang bisa kamu dapatkan cuma dari radio?

Minta Lagu Lewat Telepon
Sebenarnya untuk urusan request atau minta diputarkan lagu saat ini juga masih bisa kamu lakukan kok di radio, tapi ada perbedaaannya loh. Kalau sekarang request lagu bisa lewat aplikasi WhatsApp, LINE atau bahkan media sosial seperti Twitter, dahulu request lagu hanya bisa dilakukan lewat telepon.

Serunya lagi, tidak mudah melakukan telepon ke radio. Kita harus bersaing dengan banyak penelepon lainnya. Dulu, radio jadi satu-satunya media buat request lagu, sebelum kemudian hadir acara musik di televisi, jadi tentunya hal berkesan ini cuma bisa kamu dapatkan lewat radio.

Baca Ini Juga Yuk: 6 Teknologi Jadul Ini Populer di Masanya, Pernah Coba?

Kirim Salam
Di saat bersamaan ketika menelepon ke radio untuk request lagu, kamu juga bisa sekalian kirim-kirim salam dan menyapa teman-teman. Enggak Cuma buat sahabat atau keluarga, kamu juga bisa loh kirim salam buat gebetan kamu.

Curhat di Radio
Mungkin beberapa dari TemanBaik saat ini menjadikan media sosial sebagai tempat curhat. Tapi dulu, selain memutarkan lagu-lagu, radio juga umumnya memiliki program curhat bersama penyiar. Tentu saja ada kesan berbeda dari curhat di media sosial.

Drama dan Kisah Mistis Radio
Radio juga punya program drama loh, dari tema percintaan, persahabatan sampai kisah-kisah mistis dan seram. Khusus untuk kisah mistis, biasanya digelar pada Kamis Malam. Penyiar akan membacakan cerita seram ditemani efek-efek suara yang siap bikin bulu kuduk merinding.

Ikutan Kuis
Siapa yang hobi ikutan kuis di radio? Radio juga kerap kali memberikan kuis-kuis bagi para pendengarnya. Hadiahnya juga beragam, mulai dari merchandise, kaset, voucher, sampai uang tunai. Benar-benar berkesan banget rasanya kalau menang kuis di radio.

Informatif
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya kalau radio itu merupakan salah satu sumber informasi yang paling banyak dicari pada zamannya. Penyiar radio akan memberikan beragam informasi dalam dan luar negeri seputar musik, selebriti, bahkan hingga berbagai tip dan trik kehidupan sehari-hari. Informasi yang didapat memiliki kesan yang berbeda dengan televisi.

Wawancara Idola
Persis televisi, radio juga biasanya memiliki program wawancara musisi, band atau narasumber. Selain itu musisi atau band tersebut juga biasanya tampil secara langsung di ruang siaran. Pada program ini akan ada sesi tanya jawab dengan para penggemar loh. Ada enggak nih dari TemanBaik yang pernah menelepon ke radio untuk nanya-nanya sama musisi idola?

Teman di Jalan
Terjebak macet ketika berkendara emang bikin bosan, nah radio jadi hiburan kamu selama berkendara di mobil. Bahkan sampai saat ini, radio masih setia dinyalakan oleh para pengemudi ketika berkendara. Meskipun tidak sebanyak dahulu, karena saat ini sudah tersedia aplikasi pemutar musik yang menggeser keberadaan radio.

Foto: Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler