Jangan Keliru! Begini Cara Pakai Masker Kesehatan yang Benar

Bandung - Masker kesehatan atau juga dikenal sebagai masker penutup hidung adalah cara untuk melindungi diri dari kuman penyebab penyakit. Sayangnya, masih banyak yang keliru menggunakan masker yang satu ini. Nah, biar TemanBaik enggak salah lagi menggunakan masker kesehatan, simak penjelasan berikut ini yuk!

Perhatikan Kebersihan

Sebelum menggunakan masker, cucilah dulu tangan dengan sabun. Bilas dan bersihkan seluruh bagian tangan, kemudian keringkan. Selanjutnya, sebelum mengenakan masker, periksa dahulu masker yang hendak digunakan. Pastikan masker yang akan dipakai dalam keadaan kering, bersih dan terhindar dari kotoran.

Cara Menggunakan

Tekuk bagian atas masker memiliki sisi yang keras, agar menyesuaikan dengan bentuk hidung, pastikanlah sisi tersebut menghadap ke atas. Setelah masker terpasang, gunakan telunjuk dan ibu jari untuk menekan sisi atas masker yang dapat ditekuk agar pas di bagian batang hidung. Pastikan juga masker menutupi wajah, mulut, dan bagian bawahnya menutup sampai dagu.

Baca Ini Juga Yuk: Cegah Virus Flu Selama Setahun dengan Vaksinasi Flubio

Jika Sedang Sakit

Kalau kamu sedang sakit seperti flu maka sisi putih pada masker lah yang menempel di muka kamu. Fungsinya untuk mencegah mikro organisme keluar dari mulut dan hidung tidak menyebar ke tubuh orang lain. 

Untuk Terhindar dari Debu

Untuk mencegah partikel-partikel seperti debu vulkanik atau asap, serta menghindari mikro organisme masuk ke tubuh maka pemakaian masker harus dibalik. Kamu bisa menggunakan sisi putih di bagian luar dan sisi berwarna (hijau atau biru) yang menempel di muka. 

Sekali Pakai

Masker kesehatan dirancang hanya untuk sekali pakai. Jadi, sebaiknya kamu membuang dan menggantinya setelah satu kali penggunaan. Hindari menggunakan masker berulang ya, karena dapat berbahaya bagi kesehatan.


Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler