Ini Nih Tip Belajar Efektif Bagi Para Deadliners

Surabaya - Pernahkah Teman Baik menunda mengerjakan tugas  atau belajar karena deadline masih jauh? Lalu ketika deadline mulai mendekat, pekerjaan yang kita selesaikan jadi kurang maksimal. Wah, sayang sekali karena hal ini pastinya akan berpengaruh pada hasil maupun nilai baik yang jadi target kita.

Sedangkan, beberapa orang lain menganggap, dengan adanya deadline akan memperlancar ide karena ada pepatah yang mengatakan adanya the power of mepet.

Namun jangan khawatir, karena buat Teman Baik yang terbiasa mengerjakan sesuatu by deadline, telah ada teknik belajar yang akan sangat membantu kalian dalam menyelesaikan tugas, yaitu Teknik Pomodoro.

Baca Ini Juga Yuk: Stres dengan Pekerjaan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara menerapkan teknik belajar pomodoro sangat sederhana , loh. Kalian tinggal menyiapkan target tugas apa dan sampai mana yang harus selesai selama 25 menit, perhitungan waktu ini diukur dengan timer. Peraturannya, ketika waktu ini berjalan, kalian harus fokus mengerjakan tugas, tidak boleh mengerjakan hal yang lain seperti main handphone, makan atau ngobrol santai. Setelah 25 menit ini terlampaui, maka kalian harus  mengambil istirahat selama beberapa menit meskipun tugas belum selesai untuk selanjutnya menerapkan hal yang sama secara berkelanjutan.

Melalui Teknik Pomodoro, kemampuan manajemen waktu dan fokus kalian akan teruji.  Arti kata Pomodoro berasal dari Bahasa Italia yang artinya tomat. Hal ini dikarenakan Francesco Cirillo, sang pengembangnya dulu menggunakan timer dapur yang berbentuk tomat merah.

Teknik ini juga sudah diuji loh oleh Staffen Noteberg , lulusan Royal Institute of Technology di Stockholm. Menurut penelitiannya, sistem membagi waktu yang disebut jendela kerja akan efektif dalam menangani dan mencegah gangguan ketika beajar. Adanya jendela kerja ini akan mencegah kebosanan dalam mengerjakan tugas.

Nah, tentunya Teknik Belajar ini menarik banget kan untuk dicoba!


Foto ilustrasi : Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler