10 Keterampilan yang Perlu Kamu Punya untuk Hadapi Revolusi 4.0

Bandung - Saat ini kita tengah memasuki era revolusi industri 4.0, tapi kamu tahu enggak nih TemanBaik apa itu revolusi industri 4.0? Revolusi industri 4.0 adalah integrasi antara dunia online dengan dunia usaha, industri atau manufaktur. 

Revolusi industri atau disebut juga sebagai revolusi industri generasi keempat merupakan era yang saat ini tengah kita jalani. Dalam era ini, semua proses produksi ditunjang dengan teknologi dan internet. Revolusi industri 4.0 ditandai dengan kemunculan robot pintar, komputer super hingga kendaraan tanpa pengemudi. 

Siap enggak kamu menghadapi era yang satu ini TemanBaik? Mau tahu apa saja keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0? Simak penjelasannya berikut yuk!

Menyelesaikan Masalah Kompleks
Kemampuan menyelesaian masalah yang kompleks dengan dimulai dari mengidentifikasi. Kemudian menentukan elemen utama masalah, melihat berbagai kemungkinan sebagai solusi, melakukan aksi atau tindakan untuk menyelesaikan masalah. Serta mencari hal yang dapat dipelajari sebagai penyelesaian masalah.

Informasi dan Teknologi
Untuk menghadapi revolusi industri 4.0, kamu harus memiliki keterampilan informasi, media dan teknologi. Artinya, kamu harus cepat memahami teknologi meliputi literasi media, keaksaraan visual, literasi multikultural, kesadaran global dan literasi teknologi.

Berpikir Kritis
Berpikir  kritis adalah kemampuan untuk berpikir masuk akal, kognitif dan membentuk strategi yang akan meningkatkan kemungkinan hasil yang diharapkan. Berpikir kritis juga bisa disebut berpikir dengan tujuan yang jelas, beralasan dan berorientasi pada sasaran.

Kreatifitas
Kreatifitas adalah kemampuan dan kemauan untuk terus berinovasi. Kreatifitas merupakan kemampuan untuk menemukan sesuatu yang unik serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Kamu juga harus mengembangkan sesuatu hal yang sudah ada sehingga dapat menjadi lebih baik. 

Teknik Berkoordinasi 
Bekerjasama tim atau bekerja dengan orang lain yang berasal dari luar tim merupakan kemampuan yang perlu kamu miliki untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Koordinasi juga mencakup bagaimana kemampuan kamu dalam mengatur, memimpin dan memanfaatkan sumber daya manusia secara tepat sasaran dan tentunya efektif. 

Teknik Negosiasi
Selain kemampuan berkoordinasi, kemampuan berbicara, bernegosiasi dan meyakinkan orang juga hal yang diperlukan. Yuk mulai melatih kemampuan bernegosisasi dari sekarang!

Emotion Intelligence
Emotion Intelligence atau kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengatur, menilai, menerima dan mengontrol emosi diri dan orang-orang di sekitarnya. Mengatur emosi adalah kemampuan untuk mengidentifikasi, mengelola serta memanfaatkan emosi. 

Fleksibilitas Kognitif
Fleksibilitas kognitif adalah kemampuan untuk menyusun secara spontan suatu pengetahuan dalam banyak cara. Kemampuan ini adalah cara bagaimana memberi respon penyesuaian diri untuk mengubah situasi.

Berorientasi Membantu
Keinginan untuk membantu dan melayani orang lain dengan baik untuk memenuhi kebutuhan mereka merupakan hal yang diperlukan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Yuk, selalu berikan pelayanan atau membantu dengan sebaik mungkin tanpa mengharapkan penghargaan semata.

Membuat Keputusan
Kemampuan membuat keputusan adalah kemampuan untuk menarik kesimpulan atas situasi yang dihadapi serta kemampuan untuk mengambil keputusan dalam kondisi apapun, termasuk saat sedang berada di bawah tekanan.

Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler