Ini Bedanya Pecandu Kerja dan Pekerja Keras yang Perlu Kamu Tahu

Bandung - Umumnya orang-orang mengira kalau workaholic dan work hard adalah orang yang sama-sama suka bekerja, padahal kedua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda. Workaholic atau pecandu kerja mengarah pada hal yang negatif, sementara work hard alias pekerja keras adalah hal yang mengarah pada perilaku positif. Biar tahu perbedannya, simak penjelasan singkat berikut ya.

Waktu Bekerja
Pecandu kerja adalah orang-orang yang gila bekerja, mereka bisa bekerja selama belasan jam dalam sehari. Mereka akan merasa bersalah pada diri sendiri jika tidak bekerja. Sementara para pekerja keras bekerja memenuhi waktu kerja sesuai kewajibannya.

Sikap
Seorang pecandu kerja akan bekerja memaksakan diri, bahkan ketika sedang sakit atau ketika keluarga membutuhkannya. Berbeda dengan pekerja keras, mereka umumnya memiliki sifat yang profesional, menjalani kewajibannya dan ketika sakit atau ada kebutuhan mendesak tidak akan memaksakan diri untuk tetap bekerja.

Hobi
Pekerja keras akan bekerja dengan baik, tekun dan penuh rasa tanggung jawab sesuai waktu yang telah ditentukan. Ketika libur dan memilki waktu luang, para pekerja keras akan menyeimbangkan kehidupannya dengan melakukan hal-hal yang disukai, seperti nonton, bertemu teman dan hal lainnya.

Baca Ini Juga Yuk: Stres dengan Pekerjaan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Para penggila kerja menganggap me time adalah kegiatan yang mengganggu pekerjaan, mereka juga kerap menggunakan waktu luang untuk tetap bekerja. Bagi pecandu kerja, melakukan hal-hal yang disukai di waktu luang hanya akan membuang-buang waktu.

Kehidupan Sosial
Kehidupan sosial pecandu kerja dan pekerja keras juga memiliki perbedaan. Seorang pekerja keras cenderung memiliki keseimbangan antara kehidupan pribadi dan karier. Berbeda dengan seorang pecandu kerja yang memiliki kehidupan sosial yang kurang baik serta memiliki tingkat stres yang lebih tinggi.

Kebahagiaan
Pekerja keras tahu kapan harus bekerja dan tidak, mereka juga memahami kondisi dan kebutuhan diri akan liburan dan hal-hal yang menyenangkan. Hal tersebut yang membuat pekerja keras memiliki rasa kebahagiaan atas pekerjaan yang telah dilakukannya.

Sementara pecandu kerja kerap merasa tidak puas dengan pekerjaan yang dilakukan. Mereka mengorbankan banyak hal untuk bekerja dan kepuasan bekerja yang sulit terpenuhi. Hal-hal seputar pekerjaan membuat para pecandu kerja mudah stres, tidak puas dan pada tingkat tertentu mengakibatkan gangguan mental lainnya.

Nah, setelah mengetahui perbedaannya, jangan sampai TemanBaik gila kerja ya! Kamu juga perlu melakukan hobi, menjaga kondisi pikiran dan tubuh dengan istirahat yang cukup.


Foto: Pexels


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler