Begini Cara Mudah untuk Memeriksa dan Mengetahui Kualitas Air

Bandung - Pernah enggak TemanBaik perhatikan air yang kamu konsumsi? Apakah aman atau memiliki aroma yang enggak sedap? Hati-hati TemanBaik, pencemaran air dapat membuat kualitasnya menurun dan tentunya berbahaya buat kesehatan. Mulai sekarang periksa dulu ya kondisi air sebelum kamu pakai! Berikut cara mudah untuk memeriksa dan mengetahui kualitas air yang bisa kamu lakukan di rumah.

Aroma Air
Tuangkan air ke dalam wadah, lalu coba kamu hirup aromanya, apakah ada bau tertentu? Air yang kualitasnya baik umumnya tidak mengeluarkan bau. Kamu harus perhatikan jika ada bau pada air ketika dihirup, sebab hal itu menandakan kalau kualitas air tidak bagus.

Jika air berbau tanah, kamu masih bisa kok menggunakannya. Bau tanah biasanya diakibatkan penguraian benda organik. Walapun aromanya mungkin sedikit menggangu, tapi tidak usah khawatir karena bau tanah enggak berbahaya. Namun kamu harus waspada jika air di rumah berbau pemutih atau sulfur. Kemungkinan diakibatkan klorin yang ditambahkan atau bakteri yang terdapat dalam air.

Warna Air
Air yang bersih dan aman memiliki warna yang bening dan tidak terdapat partikel-partikel yang kasat mata. Kalau kamu melihat partikel berwarna cokelat atau merah bisa jadi disebabkan oleh karat pada pipa. Sementara jika menemukan partikel berwarna hitam bisa berasal dari selang yang dilalui air. Sedangkan partikel putih atau keruh dapat mengindikasikan kalsium karbonat.

Rasa Air
Cicipi sedikit air sebelum digunakan untuk mencuci bahan makanan. Air yang berkualitas baik memiliki rasa hambar dan tidak memiliki rasa lainnya. Pastikan air tidak memiliki rasa logam, rasa pemutih atau bahkan rasa asin. Rasa air yang asin dapat diakibatkan oleh limbah industri atau drainase irigasi. 

Foto:  Pexels
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler