Mau Usaha Kue? Ini Loh Tip Jitu dari Chef Achen

Bandung - TemanBaik punya hobi bikin kue? Yuk mulai kembangkan bakatmu jadi bisnis yang menguntungkan. Pada event BIFHEX 2019 di Bandung beberapa waktu lalu, Chef Achen dari Toko Kue Nyonya Liem Bandung bagi-bagi resep jitu bikin kue tanpa gagal.

Brand Ambassador dari PT Bungasari Flour Mills Indonesia ini juga berbagi tip seputar pemilihan tepung dan cara tepat untuk menghasilkan kue yang lezat dengan variasi kekinian. TemanBaik tertarik?

Perhatikan Kandungan Protein pada Tepung
Kue kan banyak jenisnya ya TemanBaik. Kalau mau bikin cake, baiknya gunakan jenis tepung protein rendah agar kue enggak bantat alias tak mengembang. Sedangkan untuk kue kering pakai protein rendah biar tekssurnya lebih renyah. Nah giliran buat roti, pakai aja tepung dengan protein tinggi untuk lebih padat dan kenyal.

Baca Ini Juga Yuk: Durian hingga Nangka, Icip Ragam Rasa Bolu Jadul Khas Bandung Ini

Gunakan Tepung Kemasan
Menurut Chef Achen, menggunakan tepung kemasan lebih aman loh. Selain mudah dibedakan kandungan proteinnya, tepung kemasan juga punya takaran yang pas sehingga risiko kue gagal bisa diminalisir

Sesuaikan Bahan dengan Suhu Ruangan
Ini berlaku buat telur dan mentega. Telur yang disimpan di lemari es biasanya bikin adonan dingin, dan akhirnya kue atau cake jadi bantat dan teksturnya keras. Selain telur, perhatikan juga suhu mentega ya TemanBaik. Kondisinya enggak boleh terlalu dingin atau panas, jadi saat dilelehkan, panaskan aja dengan api kecil.

Waktu Mengocok Bahan
Usahakan ya jangan terlalu cepat atau terlalu lama. Mengocok bahan terlalu singkat biasanya bikin adonan cepat turun saat di-oven. Begitu juga kalau terlalu lama, cake atau kue bakal bantat karena adonan terlalu lama terkontaminasi dengan udara luar.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler