Kafein Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh Loh, Apa Saja?

Jember - Selama ini, kafein yang sangat erat dikaitkan dengan kopi. Kafein dalam kopi dianggap sebagai kandungan senyawa yang mampu membuat seseorang mampu terjaga lebih lama. Karena itu, orang-orang yang membutuhkan injeksi semangat, terutama di pagi hari dan persiapan lembur memilih kopi sebagai solusinya.

Sebenarnya, kafein tidak hanya ditemukan pada kopi. Cokelat dan teh misalnya, merupakan tanaman yang secara alami memiliki kandungan kafein. Kini, senyawa stimulan ini juga bahkan sudah banyak ditemukan di minuman berenergi, minuman bersoda, permen karet, hingga obat diet.

Lantas, dengan banyaknya produk yang menggunakan kafein, adakah manfaat senyawa ini selain untuk memberi asupan energi?

Membuat Perasaan Lebih Tenang dan Bahagia
Belum lama ini, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi kafein dapat menimbulkan efek perasaan yang lebih tenang. Hal ini berhubungan dengan sistem endocannabinoid dalam tubuh. Di samping itu, efek hormone dopamin yang dihasilkan juga akan menimbulkan perasaan bahagia.

Meningkatkan Daya Ingat
Sebuah studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kafein dari kopi pagi setiap pagi memiliki kecenderungan kognitif dan daya ingat yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi kopi. Selain itu, peneliti dari John Hopkins di tahun 2014 lalu juga menemukan bahwa kafein mempunyai dampak dalam peningkatan memori sampai 24 jam.

Baca Ini Juga Yuk: Minum Kopi Mampu Cegah Risiko Depresi

Mengontrol Berat Badan
Bagi orang yang ingin melakukan penurunan berat badan, kafein bisa jadi bahan yang sangat berguna. Senyawa ini dapat menekan nafsu makan sehingga berat badan jadi lebih terkontrol. Di samping itu, kafein juga akan menstimulasi termogenesis, yakni proses konversi makanan menjadi kalor dan energi yang terjadi di dalam tubuh.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes
Berita baik lainnya, kafein disebut mempunyai kandungan asam klorogenat. Asam ini memiliki khasiat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Mencegah Alzhemier dan Parkinson
Konsumsi kafein yang rutin juga mempunyai manfaat dalam mencegah alzheimer dan Parkinson yang kerap diderita individu berusia lanjut. Proses penurunan fungsi otak karena usia lanjut pun dapat ditekan selama kadar konsumsi kafein masih dalam batas yang wajar.

Nah, itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kafein. Namun, mengonsumsi zat ini juga bukannya tanpa batas, ya! Bagi orang dewasa, asupan kafein harian yang disarankan adalah tidak melebihi 400 mg, sedangkan khusus bagi wanita hamil, batas maksimalnya adalah 200 mg.


Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler