Catat! 8 Hal yang Sebaiknya Enggak Perlu Ada di CV Kerja

Curriculum Vitae atau disingkat CV adalah daftar riwayat hidup yang biasanya menjadi salah satu syarat untuk melamar pekerjaan, mendaftarkan beasiswa, pelatihan dan lainnya. Meski setiap perusahaan memiliki kebijakan dan selera yang berbeda, namun mereka memiliki kesamaan loh, yakni tidak menyukai CV yang bertele-tele, panjang bahkan berlembar-lembar. Ada beberapa hal yang enggak perlu kamu hadirkan dalam CV loh, catat apa saja yuk!

Pendidikan Dasar
Untuk informasi pendidikan, kamu cukup memberikan informasi dua jenjang terakhir pendidikan formal saja. Kamu tidak perlu menyertakan informasi pendidikan dasar seperti sekolah dasar, sekolah menengah pertama atau sekolah menengah umum dan kejuruan. Sebagai pengganti, tambahkan informasi non formal seperti kursus bahasa atau pelatihan yang pernah kamu ikuti. 

Foto Tidak Formal
Melamar pekerjaan adalah hal yang memerlukan keseriusan. Maka hindari penggunaan foto diri seperti swafoto yang tidak resmi. Kamu bisa menggunakan foto yang santai namun tetap memiliki sisi formal ya.

Pengalaman yang Enggak Relevan
Sebenarnya boleh-boleh saja kok menampilkan seluruh pengalaman bekerja yang kamu miliki di daftar riwayat hidup. Namun jika tidak relevan, sebaiknya kamu enggak usah memasukkan informasi tersebut ke pengalaman kerja di CV. Hal ini bisa membuat kamu dianggap tidak konsisten dalam memilih karier yang ingin dijalani.

Pengalaman Kerja Sebentar
Punya banyak sekali pengalaman bekerja? Pilihlah lima atau enam pengalaman kerja yang memiliki rentang waktu bekerja paling lama. Pilih pengalaman bekerja yang lebih dari enam bulan, namun jika tempat bekerja memiliki reputasi yang baik kamu juga bisa sertakan meski belum mencapai enam bulan.

Kemampuan Umum
Kemampuan yang kamu kuasai sangat penting dalam CV kamu loh TemanBaik. Tapi, hindari untuk memasukkan kemampuan yang terlalu umum. Mengoperasikan komputer atau dapat bekerja dengan program excel merupakan contoh kemampuan umum yang enggak perlu kamu sertakan.

Sebaiknya, sertakan kemampuan unik yang tidak semua orang miliki, seperti mampu menguasai Bahasa Jerman atau pengalaman dan kemampuan mempimpin sebuah tim.

Mengandung SARA
TemanBaik enggak perlu terlalu terbuka loh dalam memberikan informasi diri yang bersifat SARA, seperti suku, agama, jenis kelamin dan tempat lahir. Selain itu, kamu juga tidak perlu mencantumkan alamat tempat tinggal secara lengkap.

Desain Berlebihan
Sangat disarankan untuk membuat desain CV yang sederhana. Hindari penggunaan desain CV yang berlebihan dan pastikan setiap tulisannya dapat dibaca dengan jelas ya..

Informasi Bohong
Mencantumkan informasi yang bohong itu dapat merugikan loh, enggak hanya bagi perusahaan namun juga pelamar sendiri di kemudian hari. Jadi jangan pernah mencantumkan hal yang bohong ya, karena suatu hari kamu harus mempertanggungjawabkan kebenarannya. 

Selamat mencoba TemanBaik, semoga sukses ya!


Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler