Ini 4 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan

Jakarta - Tahu enggak TemanBaik, kalau air beras yang selama ini sering kita buang begitu saja, ternyata punya manfaat khusus loh untuk kecantikan. Air beras yang mengandung mineral dan acid amino, dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk kulit kita. Selain itu, air beras juga memiliki vitamin-vitamin, seperti B1, C, dan E, yang baik untuk kecantikan kulit.

Penggunaan air beras untuk kecantikan, ternyata sudah mulai dilakukan oleh wanita-wanita di Asia, tertutama yang berasal dari Jepang, China, dan Korea, sejak zaman dahulu. Lalu, apa saja sih manfaat air beras untuk kecantikan?

Menghaluskan Kulit, Meredakan Dermatitis Atopik, dan Jerawat Meradang
Air beras dapat digunakan sebagai produk alami pelembut dan solusi masalah kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 oleh Vrije Universiteit Brussel, di Belgium, menenemukan bahwa seseorang yang menderita dermatitis atopik, kondisinya membaik secara signifikan dengan mandi menggunakan air beras selama 15 menit, sebanyak dua dalam kali sehari.

Selain itu, air beras juga berguna untuk menyembuhkan jerawat yang meradang dan memiliki fungsi sebagai astrigent pada kulit, yang mampu mengecilkan pori-pori. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan cara mencelupkan kapas pada air beras, megusapkannya perlahan pada area wajah yang bermasalah, dan membiarkannya terserap.

Melembabkan dan Mencerahkan Kulit
Air beras dapat digunakan setiap hari sebagai sabun cuci muka. Sama halnya dengan menggunakan air beras saat meredakan jerawat yang meradang, TemanBaik cukup membasahi kapas dengan air beras, mengusapkannya ke wajah, kemudian memijat wajah dengan lembut selama beberapa menit. Setelah itu, diamkan untuk beberapa saat sampai mengering, untuk memastikan wajah kita sudah menyerap nutrisi-nutrisi yang ada pada air beras. Dengan penggunaan yang rutin, wajah TemanBaik akan menjadi lebih lembut dan terlihat semakin bercahaya.

Baca Ini Juga Yuk: 5 Manfaat Kaktus untuk Kesehatan Wajah yang Jarang Orang Tahu

Meredakan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari
Kalau TemanBaik termasuk orang yang suka beraktivitas di luar ruangan, pasti sering banget terpapar oleh sinar matahari. Tidak jarang, kulit akan terbakar jika terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Air beras dapat meredakan kulit yang terbakar oleh sinar matahari. Sebab, air beras (terutama yang dingin) dapat meredakan kulit yang meradang akibat terbakar oleh sinar matahari. Ini, akan membantu kulit TemanBaik menjadi lebih cepat pulih dan mencegah kerusakan lebih lanjut. Selain itu, air beras yang memiliki antioksidan tinggi, juga dapat mengurangi noda hitam pada wajah, serta meminimalisir penuaan dini akibat terpaan sinar matahari yang berlebih dan lingkungan yang kurang baik (polusi udara).

Menyehatkan Rambut
Selain mengandung vitamin B1, C, dan E, ternyata air beras juga mengandung inositol (vitamin B8), yaitu berfungsi sebagai karbohidrat yang membantu memperkuat elastisitas rambut dan mengurangi kerusakan gesekan pada permukaan kulit kepala. Penggunaan air beras pada rambut juga dapat menghasilkan rambut yang lebat dan bercahaya.

TemanBaik bisa menggunakan air beras dengan cara mencuci rambut dengan shampo biasa, namun ketika akan membilas, bukannya menggunakan air keran seperti biasanya, TemanBaik bisa menggunakan air beras. Lakukan ini, sebanyak sekali atau dua kali dalam seminggu, untuk hasil yang maksimal. Kalau TemanBaik tidak ingin menggunakan air beras sebagai air bilas, kamu juga bisa menggunakannya sebagai kondisioner, yang perlu dilakukan hanya mengaplikasikan air beras pada rambut, dari pangkal hingga ujung rambut. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih. Kegiatan ini, bisa dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu.


Foto: Pixabay

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler