5 Cara Menghemat Air yang Perlu Dilakukan dari Sekarang

Bandung - Air merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan mahluk hidup. Sebagai manusia kita akan selalu menggantungkan diri pada air. Air memang sumber daya yang terbarukan, meski begitu air bersih ternyata merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbarui.

Dari tahun ke tahun, keberadaan air bersih juga terus menerus menyusut. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita menjaga persediaan air bersih. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penghematan penggunaan air, yang dapat dimulai dari diri sendiri. Saatnya melakukan penghematan air dengan cara berikut.

Jangan Biarkan Air Mengalir Saat tak Digunakan
Aktivitas di dalam kamar mandi seperti mandi memang membutuhkan banyak air. Namun ketika kamu hanya mencuci sesuatu, mungkin kamu sering membiarkannya menyala begitu saja. Padahal kamu bisa melakukan penghematan air dengan mematikan keran air ketika tidak begitu digunakan. Seperti ketika kamu menggosok gigi, mencuci tangan atau bahkan ketika menyabuni tubuh saat mandi.

Pantau Penggunaan Air
Untuk dapat melakukan penghematan air, maka kamu juga perlu melakukan pemantauan pada penggunaan air di rumah. Memantau penggunaan air dapat mengurangi risiko terjadinya keran yang meluber di bak penampungan air.

Pemantauan berguna untuk mengendalikan agar penggunaan air tidak terbuang percuma. Untuk membantu melakukan pemantauan air, bisa dengan memasang meteran air di area yang sering terlihat, sehingga dapat mengidentifikasi jika terjadi kebocoran.

Baca juga: Hotel Bintang Lima Ini Semangat Populerkan Zero Waste

Perbaiki Kebocoran
Saluran air di beberapa rumah, mungkin saja terhubung dengan pipa-pipa penyaluran. Saluran pipa ini juga dapat berisiko mengalami kebocoran yang tidak disangka-sangka. Maka, saatnya melakukan penghematan air dengan melakukan pengecekan pada saluran-saluran air tersebut. Ketika kamu menemukan kebocoran pada saluran pipa air, segeralah lakukan perbaikan.

Waktu Mandi
Bagi sebagian orang, mandi memang merupakan momen yang menyenangkan, banyak waktu yang lama pun dihabiskan ketika mandi. Waktu mandi yang terlalu lama bisa jadi membuat kamu menghabiskan banyak penggunaan air.

Mungkin tidak mudah bagi sebagian orang menghilangkan kebiasaan berlama-lama di kamar mandi. Untuk menyiasatinya, TemanBaik bisa menggunakan air pancuran. Penggunaan pancuran ketika mandi mampu menghemat pengunaan air ketika mandi.

Gunakan Air Kembali
Menggunakan air kembali (reuse water) juga dapat dilakukan untuk penghematan air. Bukan berarti kamu harus selalu menggunakan air yang telah dipakai, penggunaan air kembali yang dimaksud adalah air yang dapat digunakan kembali untuk kebutuhan lain. Misalnya air bekas mencuci buah bisa kamu gunakan untuk menyiram tanaman.

Dengan menghemat air, TemanBaik tidak hanya mampu menghemat keuangan saja, namun juga telah menjadi bagian dalam aksi penyelamatan lingkungan.


Foto ilustrasi: Pexels.com


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler