6 Fakta Menarik tentang Air yang Ada di Dunia

Bandung - Air adalah salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup di dunia. Enggak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga memerlukan air. Memperingati World Water Day alias Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret hari ini, yuk kita lebih peduli keberadaan air dengan mengetahui fakta-fakta air berikut.

Air di Bumi
Lebih dari 71 persen permukaan bumi tertutup air dan 97 persennya berbentuk air laut, dan kurang dari 3 persen berupa air tawar yang bisa diminum. Dari jumlah air tawar di dunia, lebih dari 70 persennya berupa salju abadi, es di kutub dan glasier. Selain itu, ada sekitar 30 persen air yang tersimpan jauh di dalam tanah. Dan hanya 1 persen berupa air permukaan yang bisa digunakan dengan mudah. Air tersebut berupa air permukaan di tanah, air sungai, air danau dan rawa.

Air dalam Tubuh Manusia
60-70 persen dari tubuh manusia dewasa terdiri dari air. Saat menjadi janin, manusia terdiri dari sekitar 95 persen air di bulan pertama kehamilan, kemudian terdiri dari 77 persen air saat lahir. Sementara itu, orang dengan berat badan 70 kilogram memiliki 42 liter air dalam tubuhnya loh.


Air Berasal dari Tanah
Air tawar yang kita jumpai bisa berasal dari beragam sumber, salah satunya dari tanah atau desalinasi, yakni air laut yang berubah jadi tawar. Ada sebesar 30 persen air tawar berasal dari tanah. 

Air untuk Pertanian dan Industri
Terdapat sekitar 70 persen air tawar digunakan untuk pertanian. 22 persen untuk kebutuhan industri dan hanya 8 persen digunakan untuk kebutuhan manusia sehari-hari, seperti minum, memasak, mandi dan mencuci.

Akses Air Bersih
Berdasarkan data PBB, 2,1 miliar orang tidak memiliki air minum yang aman di rumah. Dari jumlah tersebut, 844 juta tidak memiliki akses terhadap layanan air minum dasar. Termasuk 263 juta orang yang melakukan perjalanan selama lebih dari 30 menit per perjalanan untuk mengumpulkan air. 

Efek Mpemba
Ternyata, air panas akan membeku lebih cepat daripada air dingin loh TemanBaik. Fenomena ini dikenal dengan sebutan Efek Mpemba. Dan hingga saat ini, tidak ada yang tahu mengapa hal itu bisa terjadi.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler