5 Cara Hindari Perut Kembung dan Konstipasi Saat Bepergian

Jember - Bepergian terutama untuk tujuan vakansi memang menyenangkan. Bayangan segudang aktivitas seru, kuliner unik, atau tempat-tempat menarik untuk dikunjungi pun kerap membuat persiapan jadi lebih semangat. Namun, di samping kegembiraan yang dirasakan, sebagian orang kerap harus bergumul dengan gangguan sistem pencernaan selama perjalanan.

Perut kembung dan konstipasi alias sembelit menjadi dua hal yang tidak jarang membuat pengalaman perjalanan jadi kurang maksimal. Kalau TemanBaik termasuk kelompok orang yang mudah merasa perut kembung atau konstipasi saat bepergian, coba beberapa tip berikut untuk mencegahnya ya!

Tetap Bergerak
Setelah perjalanan panjang yang membuatmu banyak duduk, kegiatan yang paling diidamkan begitu sampai di tujuan adalah tidur, bukan? Sama sekali tidak salah, kok! Hanya saja, kamu juga butuh bergerak untuk melancarkan sistem pencernaan. Ketika perjalanan menggunakan kereta dan pesawat pun, kamu bisa berjalan-jalan sebentar sekaligus melemaskan otot-otot yang kaku.

Hindari Konsumsi Alkohol dan Minuman Berkarbonasi
Alkohol mudah membuat lambung teriritasi. Untuk itu, jangan membuat perutmu jadi semakin berontak terutama saat di atas pesawat ketika tekanan di dalam tubuhmu pun sudah meningkat. Selain itu, minuman berkarbonasi juga akan membuat produksi gas di dalam perut meningkat. Sebagai gantinya, pilih minuman yang lebih sehat seperti air mineral atau teh herbal.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenal Sindrom Pasca Liburan dan Cara Mengatasinya

Makan Makanan yang Mudah Dicerna
Pada dasarnya, apa yang kamu konsumsi selama perjalanan sangat berpengaruh terhadap kondisi perut. Maka dari itu, cobalah lebih selektif saat memilih makanan. Saat sedang di jalan, hindari makanan yang cenderung susah dicerna perut seperti kebanyakan jenis buah dan sayur. Kamu bisa mengonsumsi alternatif lain seperti nasi, roti, sup dan sebagainya.

Segera Beradaptasi dengan Lingkungan Baru
Satu hal lagi yang berpengaruh terhadap konstipasi dan perut kembung adalah hormon. Tentu saja, hormon sangat dipengaruhi pula oleh ritme sirkadian. Segera sesuaikan aktivitas dengan lingkungan terutama terkait jam. Istirahatlah sesuai waktu lokal, pun demikian dengan waktu tidur dan makan.

Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi dengan Baik
Dehidrasi adalah alasan lain mengapa kamu merasa kembung dan konstipasi. Tanpa disadari, ketika berada di dalam pesawat, kelembapan kabin menarik cairan keluar dari tubuh dengan sangat tepat. Selalu bawa air mineral ke mana pun kamu pergi, apalagi bila sedang bepergian jauh. Pastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik bahkan ketika kamu tidak merasa haus sekalipun.

Nah, itulah beberapa tip untuk mencegah perut merasa kembung dan konstipasi saat bepergian. Semoga bermanfaat ya.


Foto: Unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler