Ini Loh Bahaya Menyimpan Dompet di Saku Belakang

Jakarta - Kebiasaan menyimpan dompet di bagian belakang, mungkin bagi beberapa orang merupakan suatu hal yang wajar dilakukan. Biasanya ini dilakukan oleh para kaum laki-laki. Memasukan dompet ke saku bagian belakang celana dirasa lebih praktis dan simple dibandingkan harus membawa tas untuk menaruh dompet tersebut.

Tapi, apakah TemanBaik sudah tahu bahwa menyimpan dompet pada saku belakang celana ternyata berbahaya? Bukan hanya karena dapat menjadi sasaran empuk pelaku tindak kriminal pencopetan, tetapi juga memiliki dampak buruk pada kesehatan.

Simak nih dampak buruk menyimpan dompet di saku belakang celana:

Gangguan Pada Tulang
Seperti dilansir dari laman Huffington Post, Dr. Arnie Angrist, seorang dokter Kiropratik asal New York menuturkan bahwa duduk pada sebuah dompet dapat menyebabakan ketidakseimbangan atau bentuk asimetris, yang dapat mengubah tulang panggul dan pinggul. Tidak hanya berpengaruh ketika duduk sambil mengantongi dompet berukuran tebal, dompet yang berukuran lebih tipis pun, tetap dapat menyebabkan dampak yang sama pada bagian tubuh kita.

Ketika duduk, tonjolan yang disebabkan oleh dompet yang disimpan di saku belakang celana, membuat salah satu sisi tubuh menjadi tinggi sebelah, sehingga tulang panggul menjadi lebih tinggi pada satu sisi, sementara tulang punggung bawah akan menekuk. Sedangkan tulang tengah punggung, akan cenderung miring ke satu sisi, untuk menyeimbangkan posisi pandangan mataerakanini, dapat memicu berkurangnya kemampuan otot dan meningkatkan stress pada sendi sacroiliac. Keadaan ini, dapat mengubah postur tubuh dan menyebabkan nyeri pada punggung.

Sakit Punggung
Kebiasaan mengantongi dompet pada saku bagian belakang yang berlangsung dalam jangka waktu lama, seperti saat menyetir atau bekerja, dapat menyebabkan rasa nyeri pada bagian punggung atau syaraf skaitika (nyeri atau mati rasa pada bagian pinggang hingga bawah kaki, seperti tumit). Rasa nyeri tersebut timbul ketika syaraf skaitika, yang berada tepat di belakang sendi pinggul, terjepit antara pinggang dan posisi dompet. Ini dapat menyebabkan rasa sakit yang berawal dari pinggang, hingga ke seluruh bagian kaki).

Kondisi ini cukup sering terjadi, sehingga memiliki namanya sendiri yaitu hip-pocket syndrome atau wallet-neuropathy. Nyeri syaraf skaitika atau nyeri pada bagian punggung, sering terjadi pada 70 - 80 persen pada kebanyakan orang, setidaknya sekali dalam hidup. Ketika mengalami ini, penderita akan merasakan kesulitan dan sakit untuk berjalan ataupun berbaring. Beberapa orang merasa lebih baik, ketika mereka hanya berdiri tanpa melakukan apapun.

Agar terhindar dari nyeri pinggul, TemanBaik bisa mengeluarkan dompet dari saku bagian belakang celana setiap kali akan duduk. Cara lainnya, yaitu dengan menaruh dompet pada saku depan pakaian atau bahkan bisa mulai coba membawa tas kecil untuk menyimpan dompet, sehingga tidak perlu repot mengeluarkan dompet ketika akan duduk.


Ilustrasi : Pixabay

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler