Hentikan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Mata

Bandung - Seringkali kita memiliki kebiasaan yang sering dilakukan namun tak sadar kalau hal tersebut dapat mendatangkan dampak yang buruk. Salah satunya adalah kebiasaan yang membuat mata kita menjadi rusak.

Mungkin tidak sedikit dari TemanBaik yang kerap melakukan hal ini. Berikut ini 5 kebiasaan yang sebaiknya kamu kurangi agar tidak merusak indera penglihatan:

Membaca dengan Cahaya yang Redup

Ketika sedang membaca, usahakanlah untuk berada di tempat yang banyak cahaya. Hindari membaca di tempat dengan pencahayaan yang redup. Sebab, hal ini bisa membuat lensa di bagian mata jadi menebal dan menipis dalam satu waktu. Hingga akhirnya hal ini akan membuat mata menjadi cepat rusak.

Tidak Membersihkan Lensa Kontak

Apakah kamu termasuk orang yang suka memakai lensa kontak? Kalau jawabannya iya, alangkah baiknya untuk memerhatikan pemakaian lensa kontak dengan baik dan benar. Biasakanlah untuk mencopot lensa kontak setelah dipakai. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkannya dengan benar. Supaya mata kamu terhindar dari bakteri yang membuatnya menjadi infeksi dan iritasi.

Membaca Sambil Tiduran

Siapa yang sering melakukan kebiasaan yang satu ini? Terkadang membaca sambil tiduran memang bikin nyaman sih. Tapi, sebaiknya jangan terlalu membiasakan hal yang satu ini ya, TemanBaik. Cara membaca seperti ini malah nantinya akan membuat mata cepat lelah dan pegal, yang akhirnya malah mengganggu kesehatan mata kamu.

Terlalu Lama Melihat Layar Gadget

Di era digital seperti sekarang ini memang sulit sih untuk tidak ketergantungan dengan gadget. Namun, kamu bisa menyiasatinya loh, caranya dengan memberikan jeda beberapa saat ketika dirasa sudah terlalu lama bersentuhan dengan gadget.

Baca Ini Juga Yuk: 7 Cara Ampuh untuk Bantu Hilangkan Rasa Malas

Menatap layar gadget atau komputer terlalu lama tidak baik untuk mata kita loh. Sebab gadget memancarkan radiasi yang dapat berbahaya bagi mata kita.  

Mengucek Mata Berlebihan

Seringkali kita tidak sadar saat sedang mengucek mata, namun jadinya malah membuat mata terasa semakin gatal bahkan menjadi merah. Hal itu terjadi karena kita terlalu berlebihan ketika mengucek mata.

Jangan terlalu membiasakan diri untuk mengucek mata ya, TemanBaik. Sebaiknya selalu sediakan obat tetes mata di pouch kamu, agar nantinya bisa berguna ketika mata terasa gatal dan kotor. 


Ilustrasi: unsplash


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler